Omicron BA.4 dan BA.5 Dominasi 81 Persen Varian Covid-19 di Indonesia

  • Share
Muncul 20 Kasus Omicron BA.4 dan BA.5, Ahli: Bisa Tembus 20 Ribu

Radartarakan.co.id – Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengatakan distribusi subvarian baru Omicron yakni BA.4 dan BA.5 mendominasi sekitar 81 persen dari varian Covid-19 di Indonesia.

Dalam konferensi pers daring diikuti di Jakarta, Rabu (13/7), Wiku mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan yang lebih tinggi.

“Berkaca dari pengalaman di negara lain, umumnya puncak kasus terjadi sekitar 16 sampai 33 hari. Sedangkan puncak rawat inap sekitar 29-49 hari kemudian sejak subvarian ini pertama kali ditemukan,” kata Wiku.

Wiku menambahkan jika ditelaah, kedua subvarian tersebut muncul di tanggal 6 Juni 2022 atau sekitar 36 hari yang lalu, sehingga masih ada potensi kenaikan kasus kedepannya. Namun, potensi tersebut dapat dicegah jika menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat.

Selain itu Wiku juga mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo pada perayaan hari raya Idul Adha 10 Juli 2022 yang menegaskan pentingnya memakai masker dimanapun berada, semata-mata demi keselamatan di tengah kondisi penularan virus yang kembali meningkat,

“Mungkin banyak juga yang bertanya-tanya pentingnya tetap menjalankan protokol kesehatan setelah sudah divaksin booster (penguat). Nyatanya data dan fakta menunjukkan bahwa orang yang tidak menjalankan hal tersebut dapat kembali tertular walaupun sudah divaksin booster,” kata dia.



#Omicron #BA4 #dan #BA5 #Dominasi #Persen #Varian #Covid19 #Indonesia

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.