Musim Haji Tahun Ini Dibayangi Cuaca Panas, Ini 5 Cara Cegah Dehidrasi

  • Share
Musim Haji Tahun Ini Dibayangi Cuaca Panas, Ini 5 Cara Cegah Dehidrasi

Radartarakan.co.id – Musim ibadah haji tahun ini diprediksi akan terdampak, karena perubahan iklim cuaca panas. Kementerian Kesehatan memprediksi suhu di Arab Saudi saat musim haji tahun ini akan berada di angka 42-44 derajat Celcius. Kondisi itu membuat tubuh lebih rentan dehidrasi.

Petugas kesehatan haji diminta untuk dapat mengedukasi baik diri sendiri maupun jemaah haji, untuk menjaga diri agar selalu terhidrasi dengan baik. Koordinator Promosi Kesehatan PPIH (Petugas Penyelenggara Ibadah Haji) Bidang Kesehatan Edi Supriyatna mengatakan, perbedaan suhu yang ekstrem ditambah kelembaban yang rendah di Arab Saudi, menimbulkan potensi dehidrasi bagi jemaah haji. Kondisi ini dapat mengarah pada situasi yang lebih parah yakni heat exhausted bahkan heat stroke.

“Sehingga asupan mineral yang cukup menjadi kunci penting menjaga jemaah haji tetap terhidrasi dengan baik,” ujar Edi dalam keterangan resmi Kemenkes, Senin (30/5).

Ada beberapa tips untuk mencegah kondisi dehidrasi agar jamaah haji tetap bugar selama menjalankan ibadah haji. Pada intinya, perbanyak cairan, jangan tungguh haus.

1. Perbanyak Elektrolit

Kunci dehidrasi adalah mineral loss, jadi harus minum air yang dicampur elektrolit, jangan tunggu haus. Fungsi elektrolit, sebagai pengganti mineral yang hilang selama menjalankan aktivitas di tengah cuaca yang sangat terik dan minim kelembaban. Konsumsi elektrolit dilakukan setelah jemaah haji melakukan aktivitas di luar hotel, dengan mencampurkan 1 sachet oralit dengan 600 ml air.

Editor : Kuswandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani



#Musim #Haji #Tahun #Ini #Dibayangi #Cuaca #Panas #Ini #Cara #Cegah #Dehidrasi

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.