Mudik Lebih Sehat dan Aman, Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Berangkat

  • Share
Mudik Lebih Sehat dan Aman, Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Berangkat

Radartarakan.co.id – Menjelang perjalanan mudik Lebaran, para calon pemudik bakal menghadapi tantangan kesehatan. Dari mulai masalah kelelahan, masalah yang dihadapi anak dan keluarga, hingga kemacetan. Maka sebelum mudik, calon pemudik harus mempersiapkan sejumlah hal agar mudik lebih aman dan sehat.

Pada arus mudik berbagai tantangan di antaranya tetap mewaspadai kecelakaan lalu lintas, gangguan kesehatan selama berkendara, termasuk akibat macet yang panjang. Ada pula ancaman masalah gangguan saluran pencernaan karena konsumsi makanan tidak sehat, masalah pada anak dan bayi yang ikut mudik, masalah kesehatan di kampung halaman. Masalah kambuhnya penyakit kronik yang diderita selama perjalanan seperti hipertensi, diabetes melitus, asma. Kemungkinan penyakit menular seperti ISPA dan diare juga menjadi ancaman.

Untuk itu, Rabu (27/4), Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI yang juga Mantan DirJen Pengendalian Penyakit yang menangani aspek kesehatan mudik sebelum pandemi Prof Tjandra Yoga Aditama memberikan lima tips agar kita dapat melakukan mudik dengan sehat dan aman. Mantan Direktur WHO Asia Tenggata yang menangani mass gathering itu mengimbau masyarakat mempersiapkan hal berikut.

Apa saja?

1. Berangkat Lebih Awal

Seperti sudah disampaikan maka baik menghindari mudik 28 April malam atau 29 April, karena arus lalu lintas sedang akan padat-padatnya. Begitu juga halnya pada arus balik di akhir libur bersama, akan baik kalau menghindari perjalanan tanggal 8 Mei 2022 di hari terakhir libur bersama.

2. Harus Dalam Keadaan Sehat

Berangkat berkendaralah dalam keadaan sehat dan segar. Kalau masih kerja sampai tanggal 28 April misalnya maka jangan pulang kerja langsung berkendara ke kampung halaman.

3. Cek Kendaraan

Sebelum berangkat, periksalah dan pastikan kondisi kendaraan anda dalam keadaan laik untuk dipakai sekian puluh atau ratus kilo meter.

4. Bawa Obat-obatan

Bawalah obat-obat yang diperlukan selama perjalanan, yang setidaknya obat-obat yang memang rutin dikonsumsi untuk penyakit kronik yang memang sudah ada, misalnya tekanan darah tinggi, diabetes dan lainnya. Obat emergency yang diperlukan, seperti obat demam, mual sakit perut.

5. Bawa Bekal

Jangan lupa membawa bekal yang cukup untuk anak-anak kita selama cukup lama di perjalanan, termasuk antisipasi kalau-kalau terkena kemacetan panjang.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Marieska Harya Virdhani



#Mudik #Lebih #Sehat #dan #Aman #Persiapkan #Hal #Ini #Sebelum #Berangkat

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *