Mudik Lebaran Tak Picu Lonjakan Kasus Covid-19, Antibodi Jadi Kunci

  • Share
Mudik Lebaran Tak Picu Lonjakan Kasus Covid-19, Antibodi Jadi Kunci

Radartarakan.co.id – Indonesia semakin melonggarkan pembatasan Covid-19 pasca mudik Lebaran. Sebab, angka kasus harian terbilang rendah di bawah 500 orang sehari, kematian di bawah 10 jiwa, dan positivity rate di bawah 1 persen. Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono merasa semakin percaya diri bahwa kasus Covid-19 terkendali.

“Kita lihat bahwa cuti bersama Lebaran ini tidak meningkatkan kasus Covid-19, jadi keliatannya kita sudah mulai merasa agak pede terhadap situasi ini,” kata Dante dalam rapat bersama DPR RI, Senin (24/5).

Dante menjelaskan alasan kasus Covid-19 bisa terkendali meski mudik Lebaran mencapai puncaknya. Kuncinya adalah vaksinasi yang membentuk antibodi dan kekebalan.

“Sebabnya itu antara lain adalah karena angka antibodi di kita sudah semakin lebih baik, ini ada penelitian antibodi terhadap Covid-19 yang diselenggarakan dua kali di Desember 2021 dan di Maret 2022, di Maret 2022 itu sudah ada 96 persen sudah menunjukan hasil positif. Sehingga kebal terhadap Covid-19 ini,” jelasnya.

Menurutnya angka itu menunjukan bahwa kasus tidak terlalu tinggi karena masyarakat sudah mempunyai kekebalan tubuh yang mungkin didapat dari infeksi alami yang tidak diketahui oleh Orang Tanpa Gejala (OTG). Dan juga dari vaksinasi.

“Terlihat periode Maret dan Desember jika dibandingkan bahwa keliatan kita mengalami peningkatan antibodi di populasi sehingga peningkatan itu merupakan salah satu hipotesa kenapa angka Covid-19 kita semakin rendah, itulah mengapa mudik tak menyebabkan lonjakan kasus,” katanya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



#Mudik #Lebaran #Tak #Picu #Lonjakan #Kasus #Covid19 #Antibodi #Jadi #Kunci

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.