Menhan Prabowo Paparkan Cara Asia Hadapi Tantangan Geopolitik Dunia

  • Share
Menhan Prabowo Paparkan Cara Asia Hadapi Tantangan Geopolitik Dunia

Radartarakan.co.id – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memaparkan cara Asia atau “The Asian Ways” dalam menghadapi berbagai tantangan geopolitik dunia untuk mencapai perdamaian.

“Selama 40 hingga 50 tahun terakhir kami telah menemukan cara sendiri, cara Asia untuk menyelesaikan tantangan ini. Kami memutuskan bahwa pengalaman bersama kami didominasi, diperbudak, dieksploitasi, memaksa kami sekarang untuk berjuang, untuk menciptakan lingkungan yang damai. Lingkungan yang bersahabat,” ujar Menhan Prabowo dalam keterangan persnya, Minggu (11/6).

Paparan itu diungkapkan Prabowo dalam International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022 19th Asia Security Summit di Singapura, Sabtu (11/6). IISS berlangsung di Singapura dari Jumat (10/6) hingga Senin (12/6).

Dalam pertemuan itu Prabowo Subianto terlihat akrab dengan beberapa pemimpin dunia. Mereka duduk dalam satu meja perjamuan. Yaitu dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida, PM Singpura Lee Hsien Loong, Menteri Pertahan Amerika Serikat Lloyd James Austin III, Menteri Pertahanan China Jenderal Wei Fenghe, dan Menteri Pertahanan Australia Mr. Peter Dutton.

Selain itu, terlihat juga Wakil Perdana Menteri Australia Richard Marles, Menteri Negara Urusan Pertahanan Yang Mulia Dr. Khalid bin Muhammad Al-Attiyah, dan Direktur Jenderal IISS John Chipman.

Mantan Danjen Kopassus itu meyakini kekuatan besar dunia, yaitu Tiongkok dan Amerika Serikat akan berbijaksana demi perdamaian dunia. Sebab, penting bagi sebuah negara memiliki pemimpin yang bijaksana dalam mengelola negara dalam menghadapi tantangan geopolitik dunia saat ini.

“Perang dunia II melahirkan gerakan kemerdekaan melawan imperialisme selama ratusan tahun. Pengalaman saudara-saudara kita di Indocina, pengalaman saudara-saudara kita di Filipina, di India, di banyak bagian Asia dan Pasifik membuat kita sangat-sangat sadar akan perlunya kepemimpinan yang bijaksana dan penuh kebajikan,” ujar Prabowo.

“Kami yakin bahwa para pemimpin kekuatan besar menyadari tanggung jawab besar di pundak mereka. Bahwa mereka akan memegang tanggung jawab mereka dengan kebijaksanaan dan kebajikan,” lanjutnya.

Forum IISS Shangri-La Dialogue 2022 merupakan salah satu forum terpenting bagi pejabat senior dunia untuk berbagi perspektif baru tentang tantangan keamanan yang berkembang di Asia.



#Menhan #Prabowo #Paparkan #Cara #Asia #Hadapi #Tantangan #Geopolitik #Dunia

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.