Memahami Geostrategi GDI, CFAS Minta Pemerintah Waspdai Hal Ini

  • Share
Memahami Geostrategi GDI, CFAS Minta Pemerintah Waspdai Hal Ini

Radartarakan.co.id -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan tantangan yang dihadapi dunia saat ini sangat berat dan semakin sulit, mulai dari persolan ketahanan pangan, energi, hingga stabilitas keuangan. Sekitar 60 negara di ambang keruntuhan ekonomi. Bahkan, 42 diantaranya sudah hampir mendekati.

Di sisi lain, Presiden Xi Jinping mengusulkan Global Development Initiative (GDI) Atau Prakarsa Pembangunan Global yang setara, terkoordinasi, dan seimbang pada pembukaan Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-76 September 2021 lalu.

Kepala Center For Australian Studies (CFAS ) Universitas Nasional (Unas) Harry Darmawan mengatakan, diperlukan pendekatan geostrategi dalam memaknai prakarsa tersebut. Karena tujuan utama dari setiap kebijakan luar negeri adalah national interest, memaksimalkan kepentingan dalam negeri.

“Inilah pentingnya memahami geostrategi dengan pintu masuk utamanya, yakni ekonomi. Bagi Tiongkok adalah stabilitas ekonomi dan ketahanan dalam negeri. Untuk mencapai tujuan ini, Tiongkok memiliki keterbatasan SDM dan SDA, sehingga harus berinteraksi dengan Negara luar,” kata Harry di Jakarta, Minggu, (10/7).

Harry menyoroti kata terkoordinasi yang menjadi salah satu iming-iming dari prakarsa GDI. Apabila ‘terkoordinasi’ itu bermakna bahwa agenda pembangunan negara-negara yang tergabung ke dalam kelompok yang dinamakan Group of Friends of GDI itu akan dikomandoi oleh cara Tiongkok, maka akuntabilitas GDI pantas untuk dipertanyakan.

Karena kearifan domestik tiap-tiap negara bangsa untuk membangun masa depannya sendiri tidak bisa ‘dikoordinasikan’ dengan mudah. Ada nilai demokrasi ekonomi yang tengah dan bahkan sudah tumbuh secara konstruktif, dimana pemerintah tahu apa yang dibutuhkan publiknya serta publik memiliki cara menata-kelola aspirasinya kepada Pemerintah.



#Memahami #Geostrategi #GDI #CFAS #Minta #Pemerintah #Waspdai #Hal #Ini

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *