Masuk Raudhah Tidak Bisa Sembarangan, Ini Waktu Untuk Jamaah Haji RI

  • Share
alexametrics

Radartarakan.co.id – Pemerintah Arab Saudi memberlakukan ketentuan baru bagi jemaah haji untuk masuk ke Raudhah di Madinah. Muassasah Adilla menetapkan jadwal tertentu untuk jamaah saat masuk area tersebut.

“Ada ketentuan baru dari Muassasah Adilla, bahwa untuk masuk Raudhah harus berdasar jadwal yang kita tentukan. Jadwal itu kita input dalam e-haj, aplikasi yang dikembangkan oleh Saudi,” kata Konsul Haji KJRI Nasrullah Jasam, Rabu (8/6).

Raudhah adalah sebidang tanah berukuran 22 meter dari sisi barat ke timur dan 2 meter dari sisi utara ke selatan di dalam area masjid Nabawi. Raudhah ditandai oleh tiang putih, berada di antara rumah Nabi Muhammad SAW yang kini menjadi makamnya, dengan mimbar masjid. Lokasi ini dipakai ziarah oleh jamaah haji.

Menurut Nasrullah, kolom usulan jadwal masuk Raudhah sudah tersedia di e-haj. Penjadwalan tersebut awalnya dilakukan Muassasah Adilla, dan sekarang dilakukan oleh PPIH.

Kepala Daker Madinah Amin Handoyo menambahkan, jadwal jsmaah laki-laki dan perempuan berbeda. Untuk jamaah perempuan, jadwal masuk Raudhah dari jam 7 sampai 8 pagi.

“Jamaah haji perempuan masuk ke Raudhah melalui gerbang nomor 24 atau pintu Usman bin Affan,” jelas Amin.

“Untuk jemaah laki-laki, jadwalnya jam 13 – 14 waktu Arab Saudi dari gerbang 37 atau pintu Bilal Bin Rabah,” sambungnya.

Saat akan masuk ke Raudhah, lanjut Amin, jamaah menunjukkan tasrih (surat izin) yang berisi daftar nama yang telah diinput dalam e-haj. Surat tasrih itu akan dibagikan ke jamaah melalui Kasektor, Ketua Kloter, Ketua Rombongan, dan Ketua Regu.

Surat tasrih itu berisi keterangan tentang jumlah jamaah, waktu (tanggal dan jam), nomor pintu masuk, nomor gerbang masuk, serta daftar nama dan nomor paspor jamaah.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Masuk #Raudhah #Tidak #Bisa #Sembarangan #Ini #Waktu #Untuk #Jamaah #Haji

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *