LPMUKP Dukung BPR PLB Giatkan Literasi Keuangan Masyarakat Pesisir

  • Share
LPMUKP Dukung BPR PLB Giatkan Literasi Keuangan Masyarakat Pesisir

Radartarakan.co.id – Pengelolaan keuangan masih menjadi kendala sulitnya masyarakat pesisir tumbuh menjadi masyarakat yang tangguh secara ekonomi. Hal ini tentunya menjadi perhatian khusus pemerintah dalam menggulirkan berbagai program sebagai solusi dari permasalahan tersebut.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) terus mendorong pengembangan usaha masyarakat kelautan dan perikanan termasuk memberikan literasi keuangan kepada masyarakat. Keterlibatan debitur LPMUKP yang merupakan lembaga keuangan di daerah, tentunya sangat dibutuhkan untuk mendorong perekonomian masyarakat pesisir.

Di Kabupaten Lombok Barat misalnya, wilayah yang terletak di pulau dengan sebutan seribu mesjid ini, Bank Perkreditan Rakyat Pesisir Layar Berkembang (BPR PLB) memberikan berbagai layanan. BPR PLB yang merupakan debitur LPMUKP ini, melalui dana kelolaanya terus mendukung berbagai kegiatan perekonomian masyarakat.

“Ada beberapa layanan yang kami berikan kepada masyarakat, seperti layanan kredit, tabungan masyarakat pesisir (Tamsir), tabunganku dan juga kita sering memberikan pendampingan atau literasi mengenai pengelolaan keuangan kepada masyarakat,” jelas Kasim Direktur BPR PLB.

Hadirnya BPR PLB menjadikan masyarakat di Kabupaten Lombok Barat, khususnya Kecamatan Batulayar, berkesempatan untuk mengakses pinjaman sekaligus belajar mengenai pengelolaan keuangan. Meskipun proses operasionalnya tidak mudah, namun dengan prinsip mengedukasi dan mendorong perekonomian masyarakat, kiprahnya sejak berdiri pada tahun 2007 terus eksis hingga saat ini.

Bank Perkreditan Rakyat Pesisir Layar Berkembang (BPR PLB) Lombok Barat yang merupakan debitur LPMUKP ini, melalui dana kelolaanya terus mendukung berbagai kegiatan perekonomian masyarakat. (LPMUKP for Radartarakan.co.id)

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM



#LPMUKP #Dukung #BPR #PLB #Giatkan #Literasi #Keuangan #Masyarakat #Pesisir

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.