Lewat KTT G7, Presiden Jokowi Imbau Dunia Bersatu Atasi Krisis Pangan

  • Share
Presiden Jokowi Minta Masyarakat Tak Pilih-pilih Jenis Vaksin Booster

Radartarakan.co.id – Guru Besar Universitas Indonesia Profesor Hikmahanto Juwana mengatakan, ajakan Presiden Joko Widodo alias Jokowi agar negara-negara keanggotaan G7 dan G20 bersatu padu menyelamatkan negara-negara berkembang dari krisis pangan dinilai tepat. Pasalnya, saat ini ancaman kelaparan ekstrim mengancam masyarakat di negara berkembang.

Pernyataan Presiden Jokowi ini disampaikan dalam pandangannya pada KTT G7 sesi II dengan topik ketahanan pangan dan kesetaraan gender, yang berlangsung di Elmau, Jerman, Senin kemarin.

“Iya betul, menurut saya ini pendekatan yang dilakukan oleh Pak Jokowi agar negara-negara dituju tidak memanasi Ukraina,” kata Prof. Hikmahanto saat dihubungi, Rabu (29/6).

Dikatakan Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani itu, dalam pidato Presiden Jokowi tidak langsung menyinggung soal bahaya perang yang terjadi di Ukraina, namun maksud dari pernyataan tersebut lebih pada mendamaikan dua negara Eropa Timur itu, karena produksi hasil pertanian (gandum) terbesar di dunia berada di Rusia dan Ukraina.

Bahkan, lanjut Guru Besar Universitas Indonesia itu, sebagian besar negara-negara berkembang berafiliasi atau masuk dalam keanggotaan NATO, hingga Presiden Jokowi mengharapkan ada jaminan dukungan perdamaian dari negara-negara tersebut saat bertemu dengan Presiden Rusia.

Kedua, lanjutnya, meski tidak dimunculkan di dalam pidato, tapi sudah disepakati lah bahwa jaminan dari negara-negara G7 untuk tidak terima Ukraina sebagai anggota NATO, karena ini menjadi bekal saat Pak Presiden bertemu sama Presiden Rusia.



#Lewat #KTT #Presiden #Jokowi #Imbau #Dunia #Bersatu #Atasi #Krisis #Pangan

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *