Lewat IISMA, Mahasiswa Vokasi Bisa Belajar dan Magang di Luar Negeri

  • Share
Lewat IISMA, Mahasiswa Vokasi Bisa Belajar dan Magang di Luar Negeri

Radartarakan.co.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi meluncurkan Program Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) Edisi Vokasi tahun 2022. Program ini menjadi salah satu implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi mahasiswa vokasi di Indonesia untuk belajar selama satu semester di kampus luar negeri sekaligus magang di industri yang menjadi mitra kampus tersebut.

“Kami ingin memberikan kesempatan kepada mahasiswa vokasi untuk belajar di luar negeri agar mereka memiliki pengalaman belajar dan bekerja di luar negeri sehingga soft skills mereka meningkat. Mereka juga bisa mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dengan temannya dari negara yang berbeda yang ada di kampus tersebut,” kata Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi (Dir Akademik PTV) Kemendikbudristek, Benny Bandanadjaya, Minggu (24/4).

Setelah mengikuti Program IISMA Edisi Vokasi ini, para mahasiswa akan merasakan manfaat karena memiliki pengalaman magang di industri luar negeri. Selain itu, hubungan kerja sama kampus asal mahasiswa dengan kampus tempatnya magang di luar negeri bisa lebih meningkatm

“Minimal dia (mahasiswa) memiliki pengalaman dan menjadi referensi baginya ketika mencari kerja. Selain itu, para mahasiswa dapat membawa terobosan untuk mengembangkan program-program kampusnya berdasarkan pengalaman magang di kampus luar negeri,” jelasnya.

Dalam program ini, para mahasiswa akan mendapatkan berbagai fasilitas akomodasi melalui beasiswa yang dikelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Fasilitas itu meliputi uang saku, uang transportasi, tempat tinggal, dan biaya kuliah.

“Program ini sangat menarik sekali bagi mahasiswa karena bisa belajar di luar negeri sekaligus memiliki pengalaman bekerja. Kesempatan ini sangat luar biasa. Jadi, kalau adik-adik mahasiswa yang ada di sini tidak ikut semester ini meski semester depan lulus, nggak bisa daftar,” imbuhnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin



#Lewat #IISMA #Mahasiswa #Vokasi #Bisa #Belajar #dan #Magang #Luar #Negeri

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *