Kuota Haji Khusus Lansia Bisa Bertambah Tahun Depan

  • Share
Kuota Haji Khusus Lansia Bisa Bertambah Tahun Depan

Radartarakan.co.id – Jemaah haji Indonesia mulai tiba di tanah air. Sabtu (16/7) dini hari, Menko PMK Muhadjir Effendy menyambut kedatangan dua kloter jemaah di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Dua kloter tersebut terdiri atas 410 jemaah embarkasi Asrama Haji Bekasi dan 303 jemaah embarkasi Asrama Haji Pondok Gede.

’’Ada total tujuh kloter dari empat embarkasi yang akan mengawali tahap pemulangan pertama ini,’’ kata Muhadjir. Perinciannya, 2 kloter dari embarkasi Pondok Gede, 2 kloter dari embarkasi Bekasi, 2 kloter dari embarkasi Solo, dan 1 kloter dari embarkasi Padang.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir mengingatkan protokol kesehatan kepulangan jemaah. Setiap jemaah akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh. Jika didapati jemaah yang demam dengan suhu di atas 37 derajat Celsius, akan ada penanganan tersendiri. ’’Pemerintah memastikan tidak ada karantina setelah kedatangan jemaah,’’ tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, seluruh bandara untuk kepulangan jemaah haji sudah siap. ’’Sekalipun tidak melakukan karantina, kami bersama KKP akan mengawal agar saudara kita yang dari Tanah Suci dalam keadaan sehat,’’ jelasnya.

Berdasar data Kemenag, hingga kemarin sebanyak 2.705 jemaah telah tiba di tanah air. Berikutnya, menyusul dipulangkan sebanyak 2.428 jemaah.

Sementara itu, dari Arab Saudi dilaporkan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memimpin rapat evaluasi penyelenggaraan ibadah haji 2022 di Jeddah kemarin. Rapat itu, antara lain, diikuti delegasi amirulhaj, Dubes RI di Saudi Abdul Aziz, Konjen RI di Jeddah Eko Hartono, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, serta Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Sejumlah hal teknis pelayanan terhadap jemaah dibahas dalam rapat tersebut.

Terkait kuota jemaah haji tahun depan, lanjut Yaqut, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al Rabiah selepas pelaksanaan ibadah di Mina. Meski belum ada angka pasti, diperkirakan lebih banyak daripada jumlah tahun ini. ”Juga disampaikan pada waktu pertemuan itu, akan ada kuota khusus untuk usia lanjut. Definisinya seperti apa, saya juga belum tahu. Lebih baik kita tunggu saja,” katanya.



#Kuota #Haji #Khusus #Lansia #Bisa #Bertambah #Tahun #Depan

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *