KSAU Beberkan Tujuan Kerja Sama CMAC Indonesia dengan Singapura

  • Share
KSAU Beberkan Tujuan Kerja Sama CMAC Indonesia dengan Singapura

Radartarakan.co.id – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo mengungkapkan, kerja sama Civil Military Cooperation in Air Traffic Management (CMAC) antara Indonesia dan Singapura diperlukan agar tidak terjadi pelanggaran kedaulan.

Belum lama ini pemerintah Indonesia memang menandatangani kerja sama Flight information region (FIR) dengan pemerintah Singapura guna membangun kerangka kerja sama sipil dan militer dalam manajemen lalu lintas penerbangan atau civil military cooperation in air traffic management.

“Tujuannya (CMAC, Red) untuk memberikan kepastian terbukanya jalur komunikasi aktif guna menjamin tidak terjadinya pelanggaran kedaulatan,” ujar Fadjar dalam Seminar Nasional Sekkau A-III di Markas Sekkau, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (25/4).

Fadjar mengatakan, pemerintah Indonesia akan menempatkan beberapa orang personel sipil dan militer di Singapore Air Traffic Control Centre (SATCC) untuk memberikan kepastian terbukanya jalur komunikasi aktif guna menjamin tidak terjadinya pelanggaran kedaulatan serta menghadirkan kelancaraan dan keselamatan penerbangan, baik pesawat militer maupun sipil yang melintas di wilayah Indonesia.

Selain itu, otoritas penerbangan udara Singapura juga berkewajiban untuk mencegah dan menginformasikan kemungkinan pelanggaran wilayah udara oleh pesawat asing kepada otoritas pertahanan udara Indonesia.

Fadjar mengungkapkan, bahwa lembaga pemerintah khususnya TNI Angkatan Udara membutuhkan berbagai masukan yang bersifat strategis mengingat pentingnya perumusan CMAC yang juga harus direncanakan secara tepat dan terukur serta dilaksanakan secara kolektif, kolaboratif, dan sinergi dari seluruh pihak.

Editor : Dinarsa Kurniawan



#KSAU #Beberkan #Tujuan #Kerja #Sama #CMAC #Indonesia #dengan #Singapura

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.