KSAD Masih Temukan Minyak Goreng Dijual di Atas HET

  • Share
alexametrics

Radartarakan.co.id – Jajaran TNI turut dalam pengawasan untuk menjaga stabilitas harga minyak goreng. Kemarin (1/6) Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mendatangi Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur. Temuannya, masih ada minyak goreng yang dijual di atas harga eceran tertinggi (HET).

Dudung menyatakan, dirinya turun langsung ke pasar-pasar tradisional sesuai dengan arahan Menko Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Oleh Luhut, TNI dan Polri diperintahkan membantu pemerintah daerah untuk menangani persoalan distribusi minyak goreng. Khususnya di Jawa dan Bali.

Hasil pantauan lapangan, Dudung mendapatkan data dan informasi tentang harga minyak goreng curah di angka Rp 18 ribu per liter. Minyak goreng kemasan bahkan dijual Rp 28 ribu per liter. ”Padahal, HET-nya seharusnya Rp 15.500 per kilogram atau setara Rp 14 ribu per liter,” jelas mantan panglima Kodam Jaya tersebut.

Temuan itu langsung ditindaklanjuti dengan mencari solusi bersama dengan pihak-pihak yang memiliki kewenangan. ”Ada jalan bypass yang tadinya distributor ke agen sekarang dari distributor bisa langsung ke pengecer,” ungkapnya.

Dalam kunjungan ke Pasar Kramat Jati, Dudung memang tidak sendiri. Ada perwakilan dari PD Pasar Jaya, Indomarco, hingga pemerintah daerah dan kepolisian.

Semua pihak sepakat harga minyak goreng di Pasar Kramat Jati rata sesuai dengan HET yang ditentukan pemerintah. ”Dari distributor harga Rp 13 ribu per liter, pengecer menjual Rp 14 ribu dan Rp 15.500,” jelas Dudung.

Orang nomor satu di TNI-AD itu tidak ingin lagi mendengar kabar harga minyak goreng dijual di atas HET. Apalagi, sampai ada masyarakat yang mengeluh sulit mendapatkan minyak goreng. Dudung ingin penerapan HET berjalan sesuai denga aturan pemerintah di semua daerah.

Menurut dia, distribusi minyak goreng juga harus diperhatikan para pihak terkait. Sebelumnya, KSAD juga melakukan video conference dengan para Pangdam di berbagai daerah. Mereka diminta turun tangan menangani masalah minyak goreng.



#KSAD #Masih #Temukan #Minyak #Goreng #Dijual #Atas #HET

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.