KPU Luncurkan Tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Apel Siaga Pengawasan

  • Share
KPU Luncurkan Tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Apel Siaga Pengawasan

Radartarakan.co.id – Rangkaian pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 resmi dimulai. Selasa (14/6) malam Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi meluncurkan start tahapan yang akan berlangsung 20 bulan ke depan.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan, sesuai ketentuan UU Pemilu, tahapan harus dimulai 20 bulan sebelum hari H yang jatuh pada 14 Februari 2024. ’’Pada hari ini tepat 20 bulan,’’ ujarnya di kantor KPU RI Jakarta.

Setelah dimulai tahapan, dalam waktu dekat KPU menuntaskan peraturan KPU tentang pendaftaran dan verifikasi partai politik.

Mengingat tahapan pendaftaran dimulai pada akhir Juli nanti. Terkait pelaksanaan pemilu, Hasyim meminta semua lembaga bisa membantu KPU melancarkan semua tahapan. ’’KPU tidak bisa bekerja sendirian,’’ imbuhnya.

Start tahapan tadi malam ditandai dengan dibunyikannya sirene oleh berbagai pemangku kepentingan. Mulai pemimpin KPU, Ketua DPR Puan Maharani sebagai perwakilan masyarakat, hingga Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai wakil pemerintah.

Hasyim berharap pelaksanaan Pemilu 2024 menyuguhkan perebutan kekuasaan secara legal dan tidak malah menjadi momen perpecahan. Sebaliknya bisa menjadi sarana untuk mengintegrasikan masyarakat.

Komisioner KPU Yulianto Sudrajat menambahkan, selain regulasi, pihaknya mengejar finalisasi anggaran. Rencananya, hari ini kesekjenan KPU menggelar rapat konsinyasi tertutup dengan badan anggaran (banggar).

Editor : Edy Pramana

Reporter : (far/lum/c7/ttg)



#KPU #Luncurkan #Tahapan #Pemilu #Bawaslu #Apel #Siaga #Pengawasan

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *