KPK Gagal Jemput Paksa Bupati Memberamo Tengah

  • Share
KPK Gagal Jemput Paksa Bupati Memberamo Tengah

Radartarakan.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) gagal menjemput paksa Bupati Memberamo Tengah, Papua, Ricky Ham Pagawak. Diketahui, Ricky Ham terjerat kasus dugaan penerimaan suap dan gratifikasi terkait pelaksanaan berbagai proyek di Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah, Provinsi Papua.

“KPK selanjutnya berupaya melakukan jemput paksa kepada tersangka dimaksud di wilayah Papua namun tidak menemukan keberadaan yang bersangkutan,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Minggu (17/7).

Ali mengimbau Ricky Ham untuk koperatif mengikuti proses hukum yang berlaku dengan memenuhi panggilan tim penyidik KPK. Ali menegaskan, pihaknya tak segan menerbitkan status daftar pencarian orang (DPO) jika Ricky Ham tak kunjung kooperatif.

“Kepada tersangka yang tidak koperatif KPK dapat melakukan penangkapan dan secara bertahap dapat menerbitkan DPO,” ucap Ali.

Lembaga antirasuah memang belum secara resmi mengumumkan Ricky Ham sebagai tersangka. Namun, KPK meminta bantuan kepada masyarakat, apabila melihat dan menemukan Ricky Ham untuk segera melapor ke KPK.

“Siapapun masyarakat yang mengetahui keberadaan tersangka bisa melakukan penangkapan atau menginformasikan kepada KPK maupun aparat yang berwenang,” ujar Ali.

“Karena masyarakat juga tentu berharap pemberantasan korupsi dapat dilakukan secara efektif dan efisien dengan tetap menunjung tinggi azas keadilan. Agar dugaan tindak pidana korupsi dimaksud dapat segera dibuktikan dan memberi kepastian hukum kepada Tersangka,” sambungnya.

Dia berujar, KPK tidak mempermasalahkan jika Ricky Ham mengajukan upaya hukum praperadilan dari kasus yang menjeratnya. Hal itu merupakan bagian dari hak setiap pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka.

“Kami juga mengingatkan siapapun dilarang undang-undang menghalangi proses penyidikan yang sedang kami lakukan ini karena itu diancam pidana sebagaimana Pasal 21 UU Tindak pidana Korupsi,” pungkas Ali.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Muhammad Ridwan



#KPK #Gagal #Jemput #Paksa #Bupati #Memberamo #Tengah

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.