KPK Buka Peluang Jerat TPPU Terhadap Bupati Penajam Paser Utara

  • Share
KPK Buka Peluang Jerat TPPU Terhadap Bupati Penajam Paser Utara

Radartarakan.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan membuka peluang untuk menjerat Bupati Penajam Paser Utara (PPU) nonaktif Abdul Gafur Mas’ud dengan sangkaan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Terlebih belakangan ini, tim penyidik KPK mendalami penerimaan uang Abdul Gafur dari hasil korupsi.

“Dari perkembangan pengumpulan alat bukti oleh Tim Penyidik hingga saat ini, jika ditemukan adanya indikasi unsur tindak pidana lain dalam hal ini TPPU maka tidak menutup kemungkinan nanti juga akan diterapkan sbg bagian upaya optimalisasi asset recovery,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri dikonfirmasi, Minggu (24/4).

Meski demikian, Ali menyampaikan saat ini tim penyidik masih fokus pada mengumpulkan alat bukti untuk menguatkan unsur perbuatan tindak pidana penerimaan suap tersangka Abdul Gafur Mas’ud. Karena itu, setiap informasi dipastikan akan didalami tim penyidik untuk mengembangkan perkara tersebut.

“Setiap informasi dan data pasti kami kembangkan lebih lanjut,” tegas Ali.

Dalam pemeriksaan saksi, tim penyidik KPK menelisik transaksi keuangan pada akun rekening bank milik saksi bernama Risnah pada Kamis (21/4). Dia merupakan istri dari Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas’ud. KPK menduga ada beberapa transaksi mencurigakan diduga berkaitan dengan kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa serta perizinan yang menjerat suaminya.

“Hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan adanya beberapa transaksi keuangan pada akun rekening bank yang bersangkutan,” ucap Ali, Jumat (22/4).

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Muhammad Ridwan



#KPK #Buka #Peluang #Jerat #TPPU #Terhadap #Bupati #Penajam #Paser #Utara

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *