Komnas HAM-Polri Koordinasi Usut Peristiwa Tewasnya Brigadir J

  • Share
Keluarga Brigadir J Ketakutan, Rumahnya Dikepung Ratusan Polisi

Radartarakan.co.id – Polri bersama dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) berkoordinasi terkait tim khusus yang dibentuk Kapolri dalam mengusut kasus baku tembak yang menewaskan Brigadir Novriahsyah Joshua Hutabarat alias Brigadir J. Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik menegaskan, pihaknya akan bekerja sesuai peraturan perundang-undangan.

“Komnas HAM bekerja berdasarkan UU 39/1999, melakukan pemantauan penyelidikan dan juga monitoring terhadap proses penegakan hukum,” kata Damanik di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Jumat (15/7).

Damanik mengakui, kasus tewasnya Brigadir J menarik perhatian publik, bahkan juga Presiden. Karena, Brigadir J tewas dari aksi baku tembak di kediaman Kadiv Propam Polri dengan Bharada E.

“Kebetulan sekarang ada pristiwa yang menarik perhatian banyak masyarakat, bahkan juga menarik perhatian pak Presiden, maka kemudian kita bertemu secara resmi antara pihak Kepolisian RI dengan Komnas HAM,” ucap Damanik.

Dia mengutarakan, pembentukan tim khusus oleh pihaknya maupun yang dibentuk Kapolri, untuk menjawab rasa keadilan bagi korban terkait kasus kematian Brigadir J, akibat baku tembak sesama anggota polisi. “Ini untuk menjawab rasa keadilan bagi korban dan keluarganya, termasuk bagi publik,” ujar Damanik.

Dia memastikan, akan memberikan keadilan bagi korban maupun keluarga korban, demi tegaknya hukum di Tanah Air. Karena itu perlu dibentuk tim khusus dalam mengungkap kasus ini. “Yang perlu digarisbawahi adalah menjaga integritas hukum, terutama menjaga integritas Polri dan integritas Komnas HAM sebagai bagian dari lembaga pengawasan,” tegas Damanik

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Muhammad Ridwan



#Komnas #HAMPolri #Koordinasi #Usut #Peristiwa #Tewasnya #Brigadir

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *