Komisioner KPAI Retno Listyarti Rayakan Lebaran dengan Staycation

  • Share
alexametrics

Radartarakan.co.id – Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti memilih merayakan Hari Raya Idul Fitri 2022 di tanah rantau. Sudah sejak 2012 dia tak pernah lagi pulang ke Purworejo, dan tetap di Jakarta saat Lebaran.

Retno mengatakan, ayah dan ibu mertuanya sudah lama meninggal. Sehingga tidak lagi melaksanakan lebaran di sana. Pulang ke Purworejo hanya untuk berziarah kubur. “Kami sekeluarga tak lagi mudik kalau Lebaran tapi ziarah kubur atau istilahnya Jawanya adalah Nyadran. Nyadran dilakukan 3 hari sebelum Ramadan,” kata Retno kepada Radartarakan.co.id.

Untuk tahun ini, Retno bersama 3 anak dan seorang cucunya melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Al Ikhsan, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Lokasinya persis di depan rumahnya. “Setelah salat, kami sekeluarga akan saling bermaafan atau sungkem di rumah, dilanjutkan bersantap menu Lebaran bersama-sama. Bermaafan dengan tetangga dilakukan usai salat Id di masjid,” imbuhnya.

Hidangan khas hari raya pun disediakan oleh Retno dan keluarganya. Mulai dari ketupat, opor ayam, rendang, sambal goreng, dan kerupuk. “Setelah bersantap bersama, selanjutnya kami berangkat ke keluarga yang dituakan, pakde atau bude, om atau tante, biasanya sampai malam hari,” jelasnya.

Memasuki Lebaran hari kedua, Retno bersama keluarga memilih liburan dengan menyewa hotel di sekitar Jabodetabek. Tipe kamar suite dipilih untuk ngumpul bersama, selama 3 hari 2 malam. “Semua tradisi yang sudah 1 dasawarsa itu terus dilaksanakan sampai sekarang, meski suami saya sudah meninggal pada 7 April 2021 yang lalu,” papar Retno. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Komisioner #KPAI #Retno #Listyarti #Rayakan #Lebaran #dengan #Staycation

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.