Koalisi Indonesia Bersatu Mulai Bahas Kriteria Capres-Cawapres

  • Share
Koalisi Indonesia Bersatu Mulai Bahas Kriteria Capres-Cawapres

Radartarakan.co.id – Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terus bersiap menyambut Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024. Tiga partai yang bergabung di dalamnya mulai membahas kriteria calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP Arwani Thomafi mengatakan, koalisi belum membahas nama-nama yang potensial untuk diusung sebagai capres dan cawapres.

”Pada saatnya nanti koalisi akan membahas nama-nama itu,” ujar dia kepada Jawa Pos kemarin (15/5).

Anggota DPR tersebut menyatakan, partainya tetap menghormati keputusan Partai Golkar yang sudah menetapkan ketua umumnya, Airlangga Hartarto, sebagai capres. Namun, sebagai partai koalisi, PPP, PAN, dan Golkar akan duduk bersama untuk membahas masalah itu.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menjelaskan, KIB memang belum membahas secara detail nama-nama calon yang akan diusung. Namun, pihaknya mulai membahas kriteria, ukuran, parameter, dan variabel penilaian bakal calon presiden (bacapres). Terkait apa saja kriteria yang akan diusung, Viva belum mau menyampaikan kepada publik. Alasannya, hal tersebut masih menjadi pembahasan di internal koalisi.

Yang jelas, tutur Viva, penentuan paslon presiden dan wakil presiden akan diputuskan secara bulat mufakat. ”Tidak ada voting. Kami akan memutuskan secara mufakat,” tegas mantan anggota DPR tersebut. Sebab, koalisi tiga partai itu akan mengutamakan kepentingan kolektif kolegial, didasari hubungan kekeluargaan, kepercayaan, dan saling menghormati secara setara.

Pihaknya berharap ada partai politik lain yang bergabung dalam KIB dan berjuang bersama-sama menghadapi pemilu. ”Kami masih sangat terbuka. Kami akan terus melakukan komunikasi dengan partai lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyambut positif KIB. Menurut dia, koalisi tersebut merupakan bagian dari mencari alternatif-alternatif untuk masyarakat. ”Dan kami berharap di Pilpres 2024, jangan dua pasangan, minimal tiga pasangan. Dengan adanya koalisi itu, saya melihat akan ada tiga pasang calon,” ujar Gus Jazil, sapaannya.

Apakah PKB akan bergabung dengan koalisi tersebut? Jazil mengatakan bahwa PKB sangat terbuka untuk berkomunikasi dengan partai mana pun. Sebelumnya Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar juga sudah menjalin komunikasi dengan Airlangga dan sejumlah petinggi parpol lain. Namun, PKB belum memastikan sikapnya, apakah akan bergabung dengan KIB atau tidak. ”Apakah akan bareng-bareng atau nanti membangun koalisi yang lain? Itu belum kami putuskan,” ujar wakil ketua MPR tersebut.

Jazil berharap parpol lain segera menentukan nama capres sehingga masyarakat bisa leluasa memberikan penilaian terhadap capres dan cawapres yang akan diusung. PKB sendiri sudah jelas mengusung Muhaimin sebagai capres 2024. Menurut Jazil, sesuai dengan UU Pemilu, parpol memiliki kedaulatan untuk menentukan sikap. Namun, yang jelas, capres dan cawapres diusung parpol atau gabungan parpol. ”Jadi, kuncinya ada di partai,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi rumah dinas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jalan Widya Chandra III Nomor 6, Jakarta, kemarin. Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– tiba sekitar pukul 17.09 WIB bersama sang istri Atalia Praratya.

Airlangga menyatakan, pihaknya membahas beberapa agenda politik dan proyek pembangunan Jawa Barat yang menghabiskan anggaran sampai Rp 300 triliun. Airlangga berharap dana pembangunan tersebut mampu mendukung segala aspek di Jawa Barat. Sehingga daerah itu menjadi kawasan yang maju, baik dari segi ekonomi maupun infrastruktur. ”Proyek-proyek yang ada diharapkan bisa terlaksana dengan baik,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kang Emil mengapresiasi langkah Airlangga yang membentuk koalisi antara PPP, PAN, dan Golkar. Menurut dia, koalisi itu direspons positif oleh masyarakat. Kang Emil mengatakan, Airlangga mempunyai kapasitas besar sebagai seorang pemimpin. ”Saya mendukung cita-cita Pak Airlangga. Kapasitas dan tanggung jawab beliau besar,” tandasnya. (lum/c9/oni)



#Koalisi #Indonesia #Bersatu #Mulai #Bahas #Kriteria #CapresCawapres

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *