Kiai Minta Anaknya Tak Ditangkap, Polisi: Penegakkan Hukum Sudah Final

  • Share
Jawapos TV

Radartarakan.co.id – Beredar video pernyataan seorang kiai yang juga ayah dari MSA di hadapan santri dan Kapolres Jombang meminta agar tak menangkap anaknya. Pernyatan ini, disebut polisi merupakan hak sang kiai, namun proses hukum akan tetap berlanjut.

Seperti diberitakan Radar Jombang (Jawa Pos Group), dalam video berdurasi 1.55 menit itu, terlihat Kiai ayah MSA didampingi ibunya berbicara menggunakan mic. Di samping kanannya, ada Kapolres Jombang AKBP M Nurhidayat. Di depan kiai, ratusan santri dan simpatisan MSA juga terlihat berkumpul menyaksikan kejadian itu.

Dalam video singkat itu, anehnya sang kiai justru terlihat menasehati kapolres agar tak menangkap anaknya. Kiai itu menyebut kasus anaknya adalah konflik keluarga dan fitnah belaka. “Untuk keselamatan kita bersama, untuk kejayaan Indonesia Raya, masalah fitnah ini masalah keluarga,” ungkapnya.

Selain itu, sang kiai juga meminta seluruh polisi kembali ke tempatnya dan tak menangkap anaknya. “Untuk itu, kembali lah ke tempat masing-masing, jangan memaksakan diri mengambil anak saya yang kena fitnah ini, sudah itu saja Allahu Akbar,” pungkas sang kiai diiringi pekik takbir dari seluruh simpatisan MSA di depannya.

Dikonfirmasi, Kapolres Jombang tak menampik kebenaran video itu. Ia pun mengakui video itu diambil saat ia masuk ke dalam pondok untuk melakukan negosiasi.

“Saya masuk sekitar pukul 21.00 sebagai negosiator, saya sendiri karena akses hanya diberikan kepada kapolres. Kepada mbah yai juga saya sampaikan agar MSA kooperatif dengan pihak Polda Jatim,” ucapnya.

Ia pun mengakui, saat pertemuan itu ratusan simpatisan MSA memenuhi bagian dalam pondok. Mereka, juga mengambil gambar juga video saat pihaknya berbicara di dalam.

“Ada 800 lebih santri pria dan wanita, mereka memvediokan mereka memframing dan sebagainya, ndak papa, karena saya sebagai negosiator pembawa pesan,” lanjutnya.

Disinggung soal video kiai ayah MSA itu, Kapolres menyebut hal itu wajar. Pernyataan kiai, adalah hak yang dimilikinya.

“Itu kan hak pribadinya, kita tidak debat. Yang jelas proses penegakan hukum sudah final, penyidikan juga sudah selesai,” pungkasnya.



#Kiai #Minta #Anaknya #Tak #Ditangkap #Polisi #Penegakkan #Hukum #Sudah #Final

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *