Keutamaan Bakda Ashar Jumat, Waktu Mustajab Dikabulkanya Doa

  • Share
alexametrics

Radartarakan.co.id – Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam. Keutamaannya tidak diragukan lagi. Sehingga sangatlah baik jika hari itu digunakan untuk memperbanyak doa.

Dikutip dari NU Online, terdapat satu waktu dalam satu kali 24 jam pada hari Jumat, yang mustajab untuk dibuat berdoa. Waktu tersebut dirahasiakan oleh Allah, sebagaimana Allah merahasiakan Lailatul Qadar. Ada beberapa pendapat mengenai waktu mustajab tersebut. Di antaranya adalah pendapat yang menyatakan waktu ijabah adalah setelah Ashar di hari Jumat.

Pendapat tersebut berdasar pada hadits sebagai berikut: يوم الجمعة اثنتا عشرة ساعة منها ساعة لا يوجد عبد مسلم يسأل الله شيئا إلا أتاه إياه فالتمسوها آخر ساعة بعد العصر

“Dua belas jam pada hari Jumat di antaranya terdapat waktu yang seorang hamba Muslim tidaklah meminta sesuatu kepada Allah di waktu tersebut, kecuali Allah mengabulkan permintaannya. Maka carilah waktu tersebut di akhir waktu setelah Ashar.” (HR. Abu Daud, al-Nasa’i, al-Hakim dan al-Baihaqi). Hadits tersebut disahihkan oleh Imam al-Hakim, beliau sebagaimana dikutip al-‘Iraqi menegaskan:

قال الحاكم صحيح على شرط مسلم

“Dan al-Hakim berkata, hadits ini sahih sesuai standar kesahihannya Imam Muslim.” (Syekh Zainuddin Abdurrahim bin al-Husain al-‘Iraqi, juz 3, hal. 190).



#Keutamaan #Bakda #Ashar #Jumat #Waktu #Mustajab #Dikabulkanya #Doa

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.