Kemenko PMK Soroti Penggunaan Sisa Selisih Dana Desa

  • Share
Kemenko PMK Soroti Penggunaan Sisa Selisih Dana Desa

Radartarakan.co.id – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) terus berupaya agar dana desa dapat dimanfaatkan secara maksimal. Kementerian melakukan penilaian kebijakan Dana Desa Tahun 2022 untuk perencanaan Kebijakan Tahun 2023.

Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana, Sudirman mengatakan, ada beberapa aspek yang penting untuk dibahas. Seperti kebijakan realokasi sisa BLT Desa yang tidak terserap, rencana kebijakan Dana Desa Tahun 2023, dan kendala serta tindaklanjut hasil monitoring di lapangan.

“Kami apresiasi kebijakan dan langkah-langkah yang sudah dilakukan Kementerian/Lembaga dalam pelaksanaan kebijakan Dana Desa. Harapannya isu-isu tematik perlu terus dikawal dan ditindaklanjuti pada rapat tingkat teknis segera,” kata Sudirman, Selasa (21/6).

Direktur Dana Transfer Umum Kementerian Keuangan, Adriyanto menambahkan, kebijakan mengenai penggunaan sisa selisih Dana Desa untuk BLT Desa yang tidak salur masih berproses dan segera ditetapkan.

“Terkait alokasi Dana Desa untuk ketahanan pangan perlu adanya kolaborasi untuk memastikan agar program berjalan efektif,” ucapnya.

Sejalan dengan hal tersebut Direktur Fasilitasi Keuangan dan Aset Desa Kemendagri Lutfi menyampaikan, semakin cepat kebijakan realokasi maka desa akan dapat segera memanfaatkan Dana Desa. Realisasi kegiatan dapat dilaksanakan lebih awal.

“Hal lain yang diperlukan yaitu kebijakan terkait realokasi penggunaan Dana Desa 8 persen untuk penanganan covid yang tidak terserap, mengingat di banyak daerah kasus covid semakin menurun,” kata Lutfi.

Terkait kebijakan Dana Desa Tahun 2023, Pemerintah masih akan berfokus pada penyempurnaan kebijakan penganggaran Dana Desa, penyempurnaan kebijakan pengalokasian Dana Desa dengan memperhatikan kinerja desa, penentuan fokus penggunaan Dana Desa yang disinkronisasikan dengan prioritas nasional, memperbaiki mekanisme penyaluran Dana Desa, dan melanjutkan mekanisme penerapan sanksi.



#Kemenko #PMK #Soroti #Penggunaan #Sisa #Selisih #Dana #Desa

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *