Kemenkes Investigasi Kasus Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal

  • Share
Sudah Sebabkan Kematian, Ini Alasan Hepatitis Akut Disebut Misterius

Radartarakan.co.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sedang menginvestigasi penyebab kasus hepatitis akut yang mengakibatkan tiga anak meninggal dunia. Investigasi itu dilakukan melalui pemeriksaan panel virus secara lengkap. Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga melakukan penyelidikan epidemiologi lebih lanjut atas kasus rujukan dari rumah sakit di Jakarta Timur dan Jakarta Barat itu.

Hingga Senin (2/5), Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi memastikan bahwa pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab kematian tiga anak yang dirawat di RSUPN dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Mereka meninggal dalam kurun waktu dua minggu terakhir pada April 2022.

Selama masa investigasi, Kemenkes mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tetap tenang. Tindakan pencegahan bisa dilakukan seperti mencuci tangan, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, menghindari kontak dengan orang sakit, serta tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Beberapa gejala yang bisa dikenali pada anak adalah munculnya warna kuning di tubuh, sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, serta penurunan kesadaran. ”Jika gejala-gejala ini muncul, segera periksakan anak ke fasilitas layanan kesehatan terdekat,” kata Nadia.

Nadia menyebut pemeriksaan laboratorium di beberapa negara malah menunjukkan bahwa virus hepatitis tipe A, B, C, D maupun E bukan penyebabnya. Justru dilaporkan infeksi adenovirus tipe 41 F di 74 kasus. Sebanyak 20 kasus terjadi pada pasien dengan infeksi SARS-CoV-2. Sementara itu, 19 kasus terdeteksi paparan SARS-CoV-2 dan adenovirus 41F.

Kemenkes telah meningkatkan kewaspadaan dalam dua pekan terakhir. Yakni, setelah WHO mengumumkan kejadian luar biasa (KLB) atas penyakit yang sejauh ini disebut sebagai hepatitis akut yang tidak diketahui etiologinya atau acute hepatitis of unknown aetiology itu.



#Kemenkes #Investigasi #Kasus #Hepatitis #Akut #Sebabkan #Anak #Meninggal

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *