Kemendikbudristek Dorong Mahasiswa Semester VI Kuliah di Luar Negeri

  • Share
Kemendikbudristek Dorong Mahasiswa Semester VI Kuliah di Luar Negeri

Radartarakan.co.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong mahasiswa semester VI ke atas untuk mengambil kuliah di negara-negara tetangga. Program ini merupakan bagian dari kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kalangan perguruan tinggi swasta (PTS) menyambut baik program itu. Upaya Kemendikbudristek mendorong mahasiswa semester VI ke atas untuk mengambil kuliah di luar negeri, disampaikan Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) M. Budi Djatmiko.

“Salah satu skema Kampus Merdeka adalah belajar paruh waktu di luar negeri, khususnya negara tetangga,” katanya usai penandatangan kerjasama dengan Universiti Utara Malaysia (UUM) di Jakarta pada Minggu (24/7).

Budi mengatakan, program tersebut dianjurkan untuk mahasiswa tingkat akhir, khususnya semester VI hingga VIII. Menurut dia program ini sangat baik. Supaya mahasiswa memiliki pengalaman belajar yang lebih luas.

Budi mencontohkan sejumlah kampus swasta ada yang menjalin kerja sama dengan kampus-kampus di Malaysia untuk program tersebut. Selain jaraknya tidak terlalu jauh, dari aspek bahasa dan budaya hampir sama dengan Indonesia.

Dia menjelaskan, PTS memiliki kewenangan untuk bekerja sama dengan mitra kampus di luar negeri. Beberapa kampus swasta ada yang bekerjasama dengan UUM dan kampus lainnya yang ada di negeri jiran.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Hilmi Setiawan



#Kemendikbudristek #Dorong #Mahasiswa #Semester #Kuliah #Luar #Negeri

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *