Kemendagri Jelaskan Soal Cloud Computing

  • Share
Kemendagri Jelaskan Soal Cloud Computing

Radartarakan.co.id – Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Ditjen Bina Adwil) Kementerian Dalam Negeri segera melakukan akselerasi transformasi digital. Ditjen Bina Adwil menjajaki kerjasama dengan Amazon Web Services (AWS) sebagai salah satu penyedia infrastruktur Cloud Computing.

Melalui kerjasama tersebut, AWS diharapkan dapat menyajikan kumpulan solusi dan layanan terlengkap, serta siap membantu dari ide yang kecil hingga kekuatan besar untuk mengubah sistem. Termasuk mendorong edukasi dan peningkatan kualitas SDM, serta mengembangkan potensi untuk membantu Pemerintah Indonesia meraih kemajuan di era digital.

“Cloud Computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet. Cloud atau awan adalah metafora dari internet, sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer, awan dalam komputasi juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikan,” kata Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Syafrizal kepada wartawan, Jumat (22/4).

Cloud Computing juga merupakan metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan. Sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet, tanpa mengetahui apa yang ada di dalamnya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.

Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari pemanfaatan Cloud Computing. Pertama adalah skalabilitas, berupa penambahan kapasitas penyimpanan data tanpa harus menyediakan peralatan tambahan secara fisik seperti hard disk. Cukup dengan menambah kapasitas yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing.

Kemudian aksesibilitas, yaitu kemampuan mengakses data kapanpun dan di manapun, selama terkoneksi dengan internet, sehingga memudahkan akses data di saat yang penting.

Berikutnya adalah keamanan, di mana data yang disimpan di penyedia layanan Cloud Computing dijamin oleh penyedia layanan. Sehingga mengurangi biaya yang diperlukan untuk mengamankan data dari serangan eksternal.

Manfaat lainnya adalah kreasi, yang memungkinkan para pengguna atau user bisa melakukan pengembangan kreasi atas project di dalam platform yang disediakan penyedia layanan Cloud Computing. Ada juga manfaat terkait kecemasan, yaitu keamanan penyimpanan data di server penyedia layanan Cloud Computing apabila terjadi bencana alam yang merusak hardisk atau gadget penyimpan data fisik.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Kemendagri #Jelaskan #Soal #Cloud #Computing

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.