Indeks

Kemendagri Ingin Pelayanan Publik di Indonesia Sesimpel di Estonia

  • Share
Kemendagri Ingin Pelayanan Publik di Indonesia Sesimpel di Estonia

Radartarakan.co.id – Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh menginginkan pelayanan publik di Indonesia harus mengarah pada Single Sign-on (SSO). Dia menyebut, masyarakat ke depan tak perlu kerepotan mengisi banyak formulir atau aplikasi.

“Cukup isi satu aplikasi pendaftaran saja, yang diisi NIK atau Nama, untuk semua pelayanan publik,” kata Zudan, Minggu (22/5).

Terkait SSO, lanjut Zudan, metodenya cukup menyimpan NIK dan Nama. Ia menyebutkan metode yang dilakukan Estonia adalah contoh baik.

“Semua lembaga di Estonia adalah contoh baik integrasi data berbasis NIK” ungkapnya.

Diharapkan, SSO pengguna tidak perlu mengingat banyak username dan password. Cukup dengan satu credential.

Sehingga pengguna cukup melakukan proses otentikasi sekali saja untuk mendapatkan izin akses terhadap semua layanan aplikasi yang tersedia di dalam jaringan. “Ini paling nyaman bagi semua. Apabila data terintegtasi, Pemerintah akan menghemat biaya server dan storage triliunan rupiah. Bagi lembaga pengguna boleh melakukan verifikasi dan validasi NIK, tetapi tidak perlu menyimpan data,” pungkas Zudan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan



#Kemendagri #Ingin #Pelayanan #Publik #Indonesia #Sesimpel #Estonia

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version