Kemenag Terbitkan 10 Ribu Visa Jamaah Haji Per Hari

  • Share
alexametrics

Radartarakan.co.id – Penerbitan visa bagi calon jamaah haji (CJH) terus dikebut. Kementerian Agama memastikan dokumen itu akan siap sebelum pemberangkatan kloter pertama yang dijadwalkan pada 4 Juni.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag Subhan Cholid menjelaskan, penerbitan visa haji masih diproses. “Masih on the track. Hanya sedikit ter-delay,” ujarnya kemarin (25/5).

Dia mengakui bahwa masa persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini mepet. Sebagaimana diketahui, dalam kondisi normal, persiapan setidaknya berlangsung 4–5 bulan. Namun, tahun ini, waktunya hanya 47 hari sejak ada kepastian kuota dari Arab Saudi. Itu pun masih terpotong libur Lebaran.

Subhan optimistis visa jemaah haji itu rampung tepat waktu. Dari komunikasi dengan pihak Saudi, disanggupi penerbitan 10 ribu–12 ribu visa per hari. Dengan 100.051 jemaah haji Indonesia tahun ini, setidaknya dalam sepuluh hari urusan visa tersebut akan rampung.

Pada 2 Juni, lanjut Subhan, visa bagi CJH yang masuk kloter-kloter awal diharapkan sudah siap. ’’Setidaknya pada 2 Juni kita sudah punya visa untuk tujuh hari atau seminggu pemberangkatan jemaah haji,’’ tuturnya.

Sementara itu, tahun ini Kemenag tidak melakukan pengundian penempatan hotel jemaah berdasar embarkasinya. Pemerintah menggunakan patokan pembagian wilayah haji periode 2019. Jemaah dari embarkasi Surabaya (SUB), misalnya, menempati hotel di wilayah Mahbas Jin atau sektor 1.



#Kemenag #Terbitkan #Ribu #Visa #Jamaah #Haji #Hari

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.