Kemenag Siapkan 26.647 Kamar di Makkah, Madinah 24.315 Kamar

  • Share
Kemenag Siapkan 26.647 Kamar di Makkah, Madinah 24.315 Kamar

Radartarakan.co.id – Salah satu layanan krusial dalam penyelenggaraan haji adalah akomodasi atau hotel. Tahun ini jarak terdekat hotel jemaah dari Masjidilharam hanya 850 meter, sedangkan yang terjauh mencapai 4,2 kilometer. Seluruh kebutuhan hotel jemaah di Makkah maupun Madinah sudah berhasil dikontrak.

Informasi terkini penyediaan hotel untuk jemaah tersebut disampaikan Kepala Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah Nasrullah Jasam. Dia mengatakan, total ada 40 unit hotel di Makkah yang sudah berhasil disewa. Jumlah kamarnya mencapai 26.647 unit. ”Hotel di Makkah tersebar di lima wilayah,” ujarnya kemarin (19/5). Yaitu, di Mahbas Jin, Syisyah, Raudhah, Jarwal, dan Misfalah.

Nasrullah menyatakan, semua akomodasi atau hotel di Madinah juga sudah dikontrak. Total ada 29 hotel dengan 24.315 kamar yang disewa.

Seluruhnya berada di kawasan Markaziyah atau seputaran Masjid Nabawi dengan radius maksimal 600 meter. Hotel-hotel di Madinah dipilih dekat dengan Masjid Nabawi agar memudahkan jemaah untuk salat di sana.

Sementara itu, untuk urusan katering, ada 13 perusahaan di wilayah Madinah yang sudah dikontrak. Adapun di Makkah baru 19 perusahaan dari 31 perusahaan katering yang sudah teken kontrak. Ditargetkan, kontrak seluruhnya selesai pada 25 Mei.

Selama di Madinah, jemaah akan mendapatkan 27 kali jatah makan. Sedangkan di Makkah 75 kali makan. Lalu, saat masa Armuzna (Arafah, Mudzalifah, dan Mina) mendapatkan 16 kali makan.

Mengenai layanan transportasi, Nasrullah menjelaskan, seluruh kontrak pengadaannya juga sudah selesai. Baik untuk bus salawat maupun bus antarkota. Bus salawat adalah bus pengumpan (feeder) dari hotel ke Masjidilharam dan sebaliknya.

Menag di Saudi

Setiba di Arab Saudi, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas langsung menggelar rapat persiapan haji. ”Alhamdulillah, saya sudah mendapat konfirmasi bahwa pengadaan layanan akomodasi dan transportasi bagi jemaah haji sudah selesai,” katanya. Sementara itu, konsumsi di Makkah masih memasuki tahap finalisasi. Dia berharap kontrak katering di Makkah segera diselesaikan.

Dia mengungkapkan, dalam rapat terbatas di Istana Bogor pada 17 Mei lalu, Presiden Joko Widodo berpesan supaya pemerintah memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji. Misalnya, untuk layanan katering, tidak boleh ada keterlambatan. Selain itu, menu makanan diupayakan menggunakan bahan-bahan dari Indonesia.

”Kualitas transportasi juga harus bagus. Pastikan pendingin atau AC berjalan baik,” ujarnya. Fasilitas hotel jemaah harus sesuai dengan standar. Misalnya, memiliki musala, tempat makan, dispenser, dan mesin cuci. Sebagai langkah mitigasi, tetap disiapkan hotel untuk isolasi jemaah yang terpapar Covid-19.

Sementara itu, dari dalam negeri, kemarin jajaran Kemenag meninjau kesiapan Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Asrama haji itu akan menampung 15.305 orang. Perinciannya, 13.868 jemaah dari Provinsi Jawa Tengah dan 1.437 jemaah dari Provinsi Jogjakarta. ”Secara umum sudah siap menerima calon jemaah haji,” kata Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo.



#Kemenag #Siapkan #Kamar #Makkah #Madinah #Kamar

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *