Kemenag Dapat Hibah Tanah di Semarang, akan Dipakai Revitalisasi KUA

  • Share
Kemenag Dapat Hibah Tanah di Semarang, akan Dipakai Revitalisasi KUA

Radartarakan.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) menerima hibah tanah dari Pemerintah Daerah Kota Semarang, Jawa Tengah. Tanah itu rencananya akan dimanfaatkan sebagai lahan pembangunan Kantor Urusan Agama (KUA).

Hibah ditandai dengan penyerahan sertifikat tanah oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi kepada Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo.

Wibowo menyampaikan, apresiasi atas komitmen Pemerintah Kota Semarang mendukung program revitalisasi KUA. “Bapak Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas memberi apresiasi tinggi atas penyerahan hibah tanah untuk KUA dan penyelenggaraan nikah massal ini,” ucapnya, Senin (20/6).

Wibowo berharap langkah Pemkot Semarang ini dapat menjadi contoh bagi pejabat daerah lainnya. Sebab, sampai saat ini masih banyak KUA yang berdiri di tanah pemerintah kabutapen/kota. Hal itu menjadi salah satu hambatan untuk melakukan revitalisasi.

’’Kami dapat merevitalisasi Gedung KUA dengan salah satu syaratnya adalah legalitas tanahnya. Perhatian Pemda akan mempercepat program revitalisasi KUA yang digulirkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas,” kata Wibowo. ’’Semoga ini menjadi langkah kita bersama untuk mewujudkan penguatan peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagaman, penguatan program dan layanan keagamaan sebagai pusat layanan keagamaan,” sambungnya.

Menurut Wibowo, KUA merupakan bentuk kehadiran Kementerian Agama terkait layanan keagamaan. Keberadaan KUA menjadi kebutuhan masyarakat, sebab KUA memiliki peran sentral dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

“Kementerian Agama telah menggulirkan program revitalisasi KUA yang kita launching pada Mei 2021. Tahun 2021 ada 106 KUA di seluruh Indonesia yang telah direvitalisasi, enam di antaranya menjadi KUA percontohan,” ucapnya.

Selama ini, masyarakat mengenal KUA hanya untuk layanan pernikahan saja. Padahal ada banyak layanan keagamaan yang dapat diakses oleh masyarakat. Misalnya, layanan sertifikasi tanah wakaf, layanan ukur arah kiblat, kemasjidan, bimbingan keluarga, manasik haji, dan bimbingan keagamaan lainnya. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Kemenag #Dapat #Hibah #Tanah #Semarang #akan #Dipakai #Revitalisasi #KUA

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *