Ke Punthuk Setumbu Magelang, Keindahan Borobudur dari Jarak 5 KM

  • Share
Jawapos TV

Magelang tengah ’’berevolusi’’ menjadi salah satu daerah wisata. Kini, ada banyak destinasi yang layak disinggahi. Salah satunya, Punthuk Setumbu di ketinggian 400 meter dari permukaan laut.

DESTINASI yang terletak di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, tersebut tidak sulit dijangkau. Jaraknya hanya sekitar 5 kilometer dari Candi Borobudur. Selain itu, untuk menuju ke sana, ada begitu banyak alternatif transportasi yang bisa dipilih.

Lazimnya berkunjung ke destinasi wisata di kawasan dataran tinggi, para wisatawan harus menyiapkan tenaga ekstra. Sebab, mereka harus melintasi jalan yang menanjak untuk bisa menuju Punthuk Setumbu.

Namun, jangan khawatir. Durasi perjalanannya relatif singkat. Hanya sekitar 17 menit. Jalur yang disediakan cukup representatif. Mayoritas berupa paving atau cor-coran semen. Rutenya juga tak rumit. Hanya agak menanjak serta sedikit licin.

Begitu tiba di puncak, traveler akan mendapat ’’imbalan’’ yang sepadan. Terutama ketika pengunjung datang pagi atau menjelang petang. Hamparan kabut bak lautan kapas seakan-akan memberikan sambutan selamat datang.

Seiring jarum jam bergerak, perlahan kabut-kabut itu menyingkir. Pengunjung akan mendapat sajian yang lebih wow. Dari kejauhan, pucuk stupa Borobudur yang ikonik mulai menampakkan diri. Atap Gereja Ayam juga tidak mau kalah ikut menunjukkan pesonanya kepada pengunjung Punthuk Setumbu.

Tak hanya itu, sajian suasana alam juga bakal menyapa para pengunjung. Riuhnya kicau burung hilir mudik di kedua telinga. Atau, saat menjelang petang, wisatawan bisa menyaksikan sang senja seakan-akan mengucapkan salam untuk menyambut datangnya malam.

Soal keamanan maupun kenyamanan, pengunjung tak usah khawatir. Sebab, kawasan Punthuk Setumbu sudah ditata dan dikelola. Di sepanjang tanjakan, sudah dilengkapi dengan pembatas besi yang bisa dipakai untuk pegangan.

Infrastruktur penunjang lain juga sudah tersedia hingga di kawasan puncak. Mulai toilet hingga musala. Bahkan, seluruh fasilitas tersebut telah memiliki sertifikat CHSE (cleanliness, health, safety, and environment sustainability). Sebab, seluruh fasilitas itu telah terjamin kualitas dan kebersihannya.



#Punthuk #Setumbu #Magelang #Keindahan #Borobudur #dari #Jarak

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *