Kasus Suspek Hepatitis Misterius Mulai Muncul, Gejala Kuning dan Demam

  • Share
3 Anak Meninggal karena Hepatitis Akut Negatif Covid-19, Gejala Diare

Radartarakan.co.id – Jawa Timur melaporkan kejadian 114 anak berstatus suspek hepatitis misterius. Pasalnya, mereka bergejala mirip atau serupa dengan ditandai sakit kuning atau suspect jaundice (kuning) akut. Selain Jatim, sejumlah daerah ternyata sudah mulai melaporkan kasus anak dengan gejala hepatitis, namun belum dipastikan itu hepatitis akut atau bukan.

Berdasarkan data Sistem Kewaspadaan Dini dan Respons (SKDR) Jawa Timur, minggu 1 hingga minggu 17 Tahun 2022 (per 4 Mei 2022), telah ditemukan 114 kasus suspect jaundice (kuning) akut di 18 kabupaten/kota di Jatim. Pada minggu ke-14 hingga minggu ke-17 cenderung mengalami kenaikan.

Sebagai catatan, data SKDR tersebut adalah kasus suspect jaundice (kuning) akut yang dilaporkan dengan usia secara umum (tidak spesifik ≤ 16 tahun). Menyikapi hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Erwin Astha Triyono meminta para orang tua waspada. Khususnya kepada anak-anak dan orang tua untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta protokol kesehatan secara disiplin.

“Lakukan upaya pencegahan dengan PHBS seperti mencuci tangan pakai sabun, meminum air bersih yang matang, memastikan makanan dalam keadaan bersih dan matang penuh, menggunakan alat makan sendiri, memakai masker, menjaga jarak serta menghindari kontak dengan orang sakit,” katanya dalam keterangan resmi akun media sosial Dinas Kesehatan Jawa Timur @dinkesjatim.

Daerah Lain Mulai Laporkan Gejala

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi membenarkan kasus yang terjadi di Jawa Timur. Sejumlah daerah juga sudah mulai melaporkan kasus tetapi belum bisa dipastikan atau belum terkonfirmasi.

“Iya (kasus suspek di Jatim) dari Januari sampai Mei ya,” tegas Nadia. “(Daerah) lain sudah melaporkan (kasus suspek) baru ya,” tambah Nadia.

Meski begitu, ia memastikan sejauh ini belum ada penambahan kasus baru hepatitis misteris. Terkini hanya 3 kematian kasus pada anak.

“Yang dilaporkan adalah kasus dengan tanda dan gejala demam kuning. Jadi belum tentu hepatitis akut berat,” katanya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani



#Kasus #Suspek #Hepatitis #Misterius #Mulai #Muncul #Gejala #Kuning #dan #Demam

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *