Kasus Pelecehan di Mal, Anak Berisiko jadi Korban Pedofil Kapan Saja

  • Share
Kasus Pelecehan di Mal, Anak Berisiko jadi Korban Pedofil Kapan Saja

Radartarakan.co.id – Kasus pelecehan anak di bawah umur oleh pria dewasa di salah satu mal di Bintaro, Tangerang Selatan, menjadi alarm bagi para orang tua bahwa anak rentan menjadi korban pelecehan kapan saja dan di mana saja. Pelaku pedofil bisa saja berkeliaran di manapun termasuk di tempat publik.

Dalam kasus itu, pelakunya adalah seorang pria berinisial ABS dan sudah diamankan pihak kepolisian. Belakangan diketahui bahwa ABS adalah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Psikolog Anak dan Remaja dari Universitas Indonesia (UI) Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengapresiasi para orang tua yang berani melapor atau speak up terkait perilaku pelecehan seksual terhadap anak. Salah satunya jika berada di tempat publik adalah dengan melapor kepada petugas keamanan untuk melindungi anak-anak.

“Sebetulnya yang dilakukan para orang tua saat kejadian sudah cukup baik atau speak up ya. Mereka langsung bertindak lapor sekuriti dan bahkan ada yang mengejar langsung. Jadi sepertinya sudah berani speak up ya. Orang tua kalau menyangkut melindungi anak-anaknya cenderung akan berani speak up atau mengambil tindakan apapun,” tegas Vera kepada Radartarakan.co.id, Selasa (28/6).

Menurut Vera, tidak hanya di tempat publik, anak keresiko jadi korban pedofil di mana saja, bahkan di rumah sekalipun. Orang tua, kata dia, tetap usahakan melakukan pendampingan dan pengawasan terbaik terutama untuk anak si bawah usia 12 tahun.

“Dan, ajarkan pendidikan seks untuk anak dimana didalamnya anak diajarkan untuk mengenali bagian tubuh pribadi (mana saja, siapa yang boleh pegang dan apa yang bisa anak lakukan jika ada orang yg memegang atau sentuh atau paksa lihat),” katanya.

Meski berujung damai, anak tetap bisa mengalami trauma akibat pelecehan seksual. Hal itu, kata Vera, juga tergantung pada usia anaknya.

“Tergantung usia anaknya. Tergantung bagaimana orang tua menyikapi peristiwa ini sesudahnya, apakah mengungkit terus atau bagaimana,” katanya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani



#Kasus #Pelecehan #Mal #Anak #Berisiko #jadi #Korban #Pedofil #Kapan #Saja

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.