Kasus Covid-19 Naik 30 Persen, Tempat Tidur RS Masih Aman

  • Share
Kasus Covid-19 Naik 30 Persen, Tempat Tidur RS Masih Aman

Radartarakan.co.id – Kasus Covid-19 di tanah air tercatat naik sekitar 30 persen. Data Satgas Covid-19 menyebutkan, dari grafik data per 5 Juni 2022 secara nasional, menunjukkan terjadi kenaikan kasus positif mingguan, bertambah 571 kasus atau 31 persen dibandingkan kasus pada 22 Mei 2022. Yaitu dari 1.814 menjadi 2.385 kasus mingguan.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, mengingatkan masyarakat dan Pemerintah Daerah senantiasa berhati-hati dan tidak lengah. Menurutnya terjadi kenaikan tren kasus positif selama 3 minggu terakhir yang diikuti kenaikan kasus aktif dalam 4 hari terakhir. Padahal, selama 3 bulan berturut-turut sejak gelombang Omicron, kasus berhasil dipertahankan tetap stabil.

“Meskipun angkanya terbilang belum signifikan, namun sudah seharusnya kita belajar dari kenaikan kasus pada gelombang Covid-19 yang telah kita alami bersama. Harus diwaspadai adanya kenaikan dalam jumlah yang sekecil apapun,” kata Prof Wiku dalam keterangan virtual baru-baru ini.

Hal yang sama terjadi pada kasus aktif harian, kenaikannya bertambah 328 kasus atau 10 persen dibandingkan pada 2 Juni 2022. Yaitu dari 3.105 menjadi 3.433 kasus aktif harian.

Meski demikian, kenaikan kasus positif dan kasus aktif tidak diikuti kenaikan tren keterisian tempat tidur (BOR) isolasi harian di rumah sakit yang masih stagnan. Tren kematian mingguan terus menunjukkan penurunan.

Lebih lanjut melihat perkembangan tingkat provinsi, ada 5 provinsi menjadi penyumbang tertinggi kenaikan kasus aktif pada minggu terakhir. Antara lain, DKI Jakarta naik 30 persen, Banten naik 38 persen, Jawa Barat naik 18 persen, DI Yogyakarta naik 45 persen dan Jawa Timur naik 37 persen.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani



#Kasus #Covid19 #Naik #Persen #Tempat #Tidur #Masih #Aman

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.