Kapolri Pantau Situasi Arus Mudik Terkini H-3 Lebaran dari Helikopter

  • Share
alexametrics

Radartarakan.co.id – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memantau langsung situasi terkini arus mudik H-3 Idul Fitri. Pengecekan itu dilakukan menggunakan helikopter dengan melihat kondisi arus lalu lintas jalur mudik dari Jakarta menuju arah timur.

Dari helikopter, Sigit melihat dinamika situasi lalu lintas yang berkembang hingga siang hari ini. Setelah melakukan pemantauan secara langsung via udara, Kapolri dan jajaran juga akan melakukan peninjauan langsung di Tol Cikampek KM 70.

Di sana, dia akan melihat proses penerapan kebijakan rekayasa lalu lintas one way dan ganjil genap di Tol Cikampek hingga Tol Kalikangkung tersebut. Sebelumnya Sigit menyatakan kalau hari ini contraflow mulai dilakukan dari KM 47 dan one way mulai KM 70.

Hal ini dilakukan supaya arus dari arah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat ke DKI Jakarta menuju ke wilayah Sumatera bisa berjalan lancar. “Upaya rekayasa kita terus evaluasi sehingga kita bisa urai kemacetan dengan baik,” tutur Sigit.

Sigit juga tak henti-hentinya mengimbau masyarakat yang mau mudik untuk memanfaatkan moda transportasi lainnya seperti kereta api dan kapal laut. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban jalan dan menghindari kemacetan.

Selain itu, Sigit juga meminta masyarakat yang mudik tetap menjaga protokol kesehatan (prokes), serta melengkapi vaksinasi hingga dosis III atau booster jika belum dilakukan.

“Beberapa waktu lalu pasca idul fitri, natal dan tahun baru ada kecenderungan peningkatan Covid-19. Angka Covid-19 kita selama ini dijaga dengan baik. Positivity rate 0,58, di bawah 1. Angka harian 300-600 dan ini harus dipertahankan. Kita jaga mudik dengan aman namun sehat, juga pasca Idul Fitri supaya angka Covid-19 bisa dikendalikan dan ini akan berdampak ke pertumbuhan ekonomi kita,” tutup Sigit.



#Kapolri #Pantau #Situasi #Arus #Mudik #Terkini #Lebaran #dari #Helikopter

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.