Kapolri Didesak Pecat Raden Brotoseno dari Korps Bhayangkara

  • Share
AKPB Brotoseno Masih jadi Anggota Polri Meski Eks Terpidana Korupsi

Radartarakan.co.id – Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memecat AKBP Raden Brotoseno dari institusi Polri. Hal ini bukan tanpa alasan, karena Raden Brotoseno telah terbukti melakukan perbuatan korupsi dan telah menjalani hukuman pidana.

“ICW mendesak agar Kapolri meninjau ulang putusan etik yang dijatuhkan kepada Brotoseno dan memecat tanpa pandang bulu anggota Polri yang terlibat dalam kejahatan jabatan,” kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana, Rabu (1/6).

“Kembalinya yang bersangkutan (Raden Brotoseno) sebagai anggota Kepolisian aktif menjelaskan semangat antikorupsi yang sangat buruk di institusi Polri,” sambungnya.

Kurnia mengakui, ICW pada Januari 2022 lalu mengirimkan surat permintaan klarifikasi yang ditujukan kepada Asisten Sumber Daya Manusia (ASDM) Kapolri, Irjen Pol Wahyu Widada perihal status keanggotaan Raden Brotoseno. Dalam surat itu, kata Kurnia, ICW turut melampirkan tangkapan layar dari media sosial yang menunjukkan Brotoseno kembali aktif di Polri setelah menjalani masa pemidanaan, karena terlibat praktik korupsi dan menduduki posisi sebagai Penyidik Madya Dittipidsiber Bareskrim Polri.

Namun, permintaan klarifikasi itu tak kunjung berbalas. Berdasarkan konteks tersebut, diduga keras Polri ingin menutup-nutupi perihal kembalinya Brotoseno ke institusinya.

Merujuk pada Pasal 12 ayat (1) huruf a Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Kepolisian Republik Indonesia (PP 1/2003) telah menjelaskan bahwa Anggota Polri diberhentikan tidak dengan hormat apabila dipidana penjara berdasarkan putusan yang berkekuatan hukum tetap dan menurut pertimbangan pejabat yang berwenang tidak dapat dipertahankan untuk tetap berada dalam dinas kepolisian.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan



#Kapolri #Didesak #Pecat #Raden #Brotoseno #dari #Korps #Bhayangkara

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.