Kalian Merasa Boros Selama Kuliah? Lakukan Ini!

  • Share
Kalian Merasa Boros Selama Kuliah? Lakukan Ini!

Radartarakan.co.id – Menjadi seorang mahasiswa berarti kita sudah mulai memasuki fase peralihan menuju dewasa. Dengan artian kita akan diberi tanggung jawab lebih untuk mengatur hidup kita sendiri. Dengan harapan kita akan lebih independen dalam semua hal, salah satunya independen secara finansial. Selama masa perkuliahan pasti membutuhkan banyak biaya untuk berbagai macam keperluan, dari hal yang perlu hingga hal-hal yang mungkin kurang diperlukan tapi tetap kita beli hahaha.

Realistis saja, memang akan susah untuk kita mengatur uang apabila kita memiliki berbagai macam kebutuhan dengan uang yang minim bukan? Maka dari itu, simak beberapa tips yang bisa diterapkan supaya wishlistmu terpenuhi!

1. Anggaran Keuangan
Untuk mengatur uang secara optimal, akan lebih baik apabila kita membuat anggaran keuangan. Sebelum membuat anggaran, kita harus bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. Dari uang atau gaji yang didapatkan bisa kita bagikan menjadi 3 kelompok, contohnya bisa 50% untuk kebutuhan 30% untuk keinginan 20% untuk ditabung. Dengan ini, kalian bisa mengatur uang lebih gampang dengan mengalokasikan ke kategori kebutuhan atau keinginan.

2. List Prioritas
Setelah mengalokasikan sesuai kategori kebutuhan dan keinginan, kita harus menentukan urutan sesuai prioritas. Contoh, untuk kebutuhan bulan ini kita harus membeli sabun mandi karena sabun hampir habis. Namun, disaat yang bersamaan kita harus membeli celana untuk kerja besok karena kebetulan kita merantau dan hanya bawa 1 celana yang masih basah kuyup karena kemarin kehujanan. Dari contoh ini kita bisa menyimpulkan tingkat urgensi yang paling mendesak adalah membeli celana kantor.

Hal yang sama juga berlaku dengan keinginan. Contoh, kita ingin membeli makanan kesukaan kita yang biasanya dibeli tetapi disaat yang bersamaan kita nanti akan pergi ke coffeeshop bersama teman-teman. Dari contoh tadi, kita harus bisa menahan diri untuk tidak membeli makanan tadi karena kita sudah ada janji untuk berkumpul bersama teman-teman. Sebagai gantinya makanan tadi bisa kita beli di lain waktu untuk menghemat uang. Jadi bijak-bijak untuk mengatur prioritas dan belajar menahan diri ya!

3. Kurangi Kegiatan yang Kurang Diperlukan
Kegiatan yang kurang diperlukan disini relatif tergantung diri kita masing-masing. Namun, biasanya kita seringkali berkumpul dengan teman-teman untuk bercengkrama dan bertukar cerita. Kegiatan tersebut tentunya juga mengeluarkan uang, tergantung dari tempat kita berkumpul. Untuk menghindari pengeluaran yang lebih, sebaiknya kita berkumpul di rumah salah satu teman. Dengan Ini kita bisa lebih leluasa untuk bercengkrama dan waktunya juga lebih fleksibel, dan tentunya uang masih aman.

4. Rencana Jangka Panjang
Ketika kita memutuskan untuk melakukan sesuatu pasti juga disertai dengan konsekuensinya. Maka dari itu, sebelum kita memutuskan akan lebih baik apabila kita juga merencanakan keputusan yang akan diambil untuk kedepannya. Hal ini juga berlaku untuk mengelola uang. Contoh, kita bisa memilih untuk membeli sepatu keluaran terbaru atau uang tersebut bisa disimpan untuk investasi atau mungkin untuk dana apabila ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Atau bisa juga ketika ingin membeli sesuatu kita juga harus memikirkan apakah barang ini bisa dipakai untuk jangka panjang?, apakah barang ini dapat disesuaikan untuk beragam acara?, apakah barang ini memang cocok untuk saya? Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu kita bisa memikirkan juga untuk kedepannya supaya uang kita tidak akan terbuang sia-sia.

Gimana nih? Apakah kalian masih heran kenapa kok uangnya cepat habis? Yuk mulai dari sekarang biasakan untuk membuat anggaran keuangan supaya kalian bisa independen secara finansial. Bicara mengenai mengatur uang, tidak sedikit yang akan berfikir berulang kali untuk menyekolahkan anaknya hingga jenjang kuliah karena biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu Universitas Kristen Maranatha menawarkan beasiswa UTBK untuk mengatasi masalah tersebut!

Dengan potongan beasiswa hingga 20juta untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran dan Gigi. Tidak hanya itu, ada juga potongan beasiswa hingga 10juta untuk fakultas diluar FK dan FKG. Pendaftaran bisa dilakukan melalui website join.maranatha.edu . Segera daftarkan dirimu sekarang sebelum kuotanya terpenuhi ya! Untuk kontak lebih lanjut bisa melalui Whatsapp Official di 081112006543 dan Instagram @joinmaranatha, kami tunggu di Maranatha! Kalau sudah menjadi mahasiswa di Maranatha jangan lupa untuk terapkan tips diatas untuk mengatur uang ya!



#Kalian #Merasa #Boros #Selama #Kuliah #Lakukan #Ini

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *