Kalau Kuliah Enaknya Ambil Jurusan Apa Ya?

  • Share
Kalau Kuliah Enaknya Ambil Jurusan Apa Ya?

Radartarakan.co.id – Siapa yang kerap mendengar opini manis mengenai jurusan-jurusan tertentu? Tidak sedikit yang mempromosikan jurusan-jurusan dengan balutan kata-kata indah, dan tidak lupa juga dengan prospek kerja yang menjanjikan supaya kita terbuai dan akhirnya memilih jurusan tersebut. Tapi, perlu diketahui bahwa sebelum kamu memutuskan untuk memilih jurusan tersebut kamu harus paham dengan kemampuan kalian sendiri dan memilih jurusan sesuai dengan apa yang kalian minati.

Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Indonesia Career Center Network (ICCN) menyatakan bahwa sebanyak 87% mahasiswa di Indonesia merasa salah jurusan. Bukti terdekat saja ketika masa sekolah banyak teman-teman kita yang mengambil jurusan kuliah yang sangat melenceng dari jurusan selama masa sekolah mereka.

Hal ini tentu merugikan bagi pihak tertentu karena pilihan mereka yang tidak banyak dan posisinyapun bisa bergeser. Sebenarnya apabila kita coba pikirkan lagi, ketika salah dalam memilih jurusan akan mengakibatkan kesalahan yang sangat fatal. Karena, ketika mengerjakan sesuatu yang tidak kita nikmati. Maka, hasil akhirnyapun tidak akan maksimal dan kita akan mengerjakannya dengan setengah hati. Untuk menghindari hal-hal tersebut, simak beberapa tips berikut supaya tidak salah jurusan saat kuliah!

1. Tes Minat Bakat
Tes minat bakat salah satu cara tercepat yang paling manjur untuk mengetahui jurusan untukmu. Karena pertanyaan-pertanyaan yang diberikan cukup banyak dan mencakup banyak hal. Biasanya akan terbagi menjadi 3 bagian yaitu aktivitas kesukaan, aktivitas dengan kemampuan, dan profesi yang kamu sukai. Dan dari hasil tes tersebut dapat menyimpulkan mengenai ketertarikan kamu kepada kegiatan-kegiatan yang sesuai. Untuk tes bakat akan terdiri dari 5 bagian pertanyaan penalaran deduktif, induktif, aritmatika, spasial, dan reasoning. Harapannya dengan mengikuti tes ini kamu dapat mengerti dirimu lebih dalam lagi, serta tidak akan kesusahan untuk menentukan jurusan untuk kuliah.

2. Hobi
Kenali hobi kalian, explore seluas-luasnya namun juga tetap terkontrol. Carilah kegiatan yang kalian nikmati dan bisa di explore lebih lagi. Akan lebih baik apabila kalian memiliki 1 hobi tetap dan menguasainya. Dengan ini kalian bisa lebih fokus untuk mengembangkan diri, dan kalianpun akan memiliki tujuan yang jelas untuk setiap keputusan yang diambil kedepannya. Akan lebih baik apabila kalian menguasai 1 bidang dan benar-benar menguasainya daripada kalian bisa melakukan semua hal tetapi tidak menguasainya. Karena, kalian akan bingung untuk memutuskan untuk menggeluti dalam bidang apa. Dengan cara ini juga kalian bisa lebih mengenali diri kalian dan memutuskan untuk masuk jurusan apa ke kuliah nanti.

3. Rencana Jangka Panjang
Contoh ketika kalian mengambil Jurusan Sastra Ingrris untuk kuliah, maka kalian pastinya sudah mendalami Bahasa Inggris, dan sudah bisa mempunyai bayangan diri di masa depan akan menjadi apa. Mungkin bisa translator, penulis novel, penyiar radio, dan masih banyak lagi. Dengan rencana jangka panjang yang sudah kita susun sedikit demi sedikit ini, kita bisa memikirkan secara matang sebelum memilih jurusan apa untuk kuliah.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM



#Kalau #Kuliah #Enaknya #Ambil #Jurusan #Apa

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *