Kalau Kangen Tanah Suci, Bapak Ibu Akan Kembali Lagi

  • Share
Jawapos TV

Radartarakan.co.id – Penyerahan bendera merah putih dari Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi kepada ketua kloter SOC1 (embarkasi Solo) menandai kepulangan perdana jemaah haji Indonesia. Dengan lantunan salawat, jemaah diantar masuk bus yang bergerak menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Kamis (14/7) waktu Arab Saudi (Jumat dini hari waktu Indonesia), Wamenag Zainut Tauhid yang juga Naib Amirul Hajj melepas keberangkatan kloter pertama jemaah haji yang pulang ke tanah air. Pelepasan dilakukan di hotel Al Kiswah, Jarwal, Makkah. Jumlah jemaah dalam kloter SOC1 adalah 390 orang.

Jumat malam ini pukul 22.15 WIB, jemaah akan mendarat di Bandara Adi Soemarmo Solo. Setelah jemaah asal embarkasi Solo yang terbang pukul 05.10, ada jemaah asal embarkasi Padang (PDG) kloter 1 dengan jumlah 393 orang yang menyusul diberangkatkan pulang ke tanah air. Jemaah kloter PDG1 terbang menuju tanah air Jumat (15/7) pagi pukul 07.10 waktu Arab Saudi.

Selain dua kloter tersebut, ada empat kloter lain yang juga pulang pada Jumat ini. Yaitu, satu dari kloter embarkasi Solo, dua kloter dari embarkasi Jakarta Bekasi, dan satu kloter dari embarkasi Jakarta Pondok Gede.

Zainut menuturkan, selama 42 hari jemaah berada di Makkah dan Madinah untuk menunaikan rangkaian ibadah haji. Pemerintah Indonesia, kata dia, berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada jemaah. Berbagai testimoni dari jemaah menunjukkan ada kepuasan terhadap layanan yang diberikan.

”Meski kami sudah semaksimal mungkin menyiapkan, namun sebagai manusia pasti ada kekurangan-kekurangannya. Untuk itu, Bapak Menag menyampaikan permohonan maaf,” katanya.

Zainut pun menitipkan salam kepada seluruh keluarga di tanah air. ”Mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan. Insya Allah, jika bapak ibu kangen ke Tanah Suci, bapak ibu sekalian akan kembali lagi,” ucapnya.

Selepas penyelenggaraan ibadah haji 2022, pihaknya akan langsung bersiap-siap untuk tahun depan. Sembari menunggu pengumuman kuota yang akan diberikan pihak Arab Saudi. Zainut berharap pemerintah Saudi akan memberikan kuota normal atau lebih banyak dari tahun ini.

”Setelah ibadah haji 2022, kami langsung diperintahkan menyiapkan penyelenggaraan ibadah haji 2023 agar persiapan kami lebih baik, lebih matang,” tandasnya. (*)



#Kalau #Kangen #Tanah #Suci #Bapak #Ibu #Akan #Kembali #Lagi

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.