Kaget Izinnya Dicabut, ACT Heran Kemensos Cepat Memutuskan

  • Share
Presiden ACT Sebut Mobil Mewah untuk Jemput Tamu dan Ustaz di Bandara

Radartarakan.co.id – Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengaku terkejut atas putusan Kementerian Sosial (Kemensos) yang mencabut izin pengumpulan uang atau barang. Hal ini tertuang dalam keputusan Menteri Sosial No 133/HUK/2022 tentang Pencabutan Izin Penyelenggaraan Pengumpulan Sumbangan.

“Kami perlu menyampaikan kepada masyarakat bahwa kami sangat kaget dengan keputusan ini,” kata Presiden ACT, Ibnu Khajar di kantor ACT di Menara 165, Jakarta Selatan, Rabu (6/7).

lbnu mengaku pada Selasa (5/7) pagi pihaknya telah memenuhi panggilan dari Kemensos. Dalam proses tersebut, ACT telah menjelaskan secara rinci berkaitan dengan polemik yang terjadi. Hasil pertemuan tersebut, juga menyebutkan adanya rencana kedatangan tim Kemensos untuk melakukan pengawasan pada Rabu (6/7).

“Artinya kami telah menunjukkan sikap kooperatif. Kami juga sudah menyiapkan apa saja yang diminta oleh pihak kemensos, terkait dengan pengelolaan keuangan,” imbuhnya.

Sementara itu, Tim legal Yayasan ACT, Andri TK menilai, keputusan pencabutan izin yang dilakukan oleh Kemensos ini terlalu reaktif. Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 8/2021 tentang Penyelenggaraan Pengumpulan Uang atau Barang (PUB) pasal 27 telah dijelaskan adanya proses yang harus dilakukan secara bertahap.

“Melalui Pasal 27 itu disebutkan sanksi administrasi bagi penyelenggara PUB yang memiliki izin melalui tiga tahapan. Pertama, teguran secara tertulis, kedua penangguhan izin, dan ketiga baru pencabutan izin. Hingga kini kami masih belum menerima teguran tertulis tersebut,” ucap Andri.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Kaget #Izinnya #Dicabut #ACT #Heran #Kemensos #Cepat #Memutuskan

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.