Juni-Juli Muncul Tiga Fenomena Antariksa Langka Sekaligus

  • Share
Juni-Juli Muncul Tiga Fenomena Antariksa Langka Sekaligus

Radartarakan.co.id–Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjelaskan adanya tiga fenomena antariksa yang cukup langka. Tiga fenomena itu terjadi dalam periode Juni hingga Juli.

Ketiga fenomena antariksa langka itu adalah Purnama Stroberi Super, Bulan Baru Stroberi Mikro, dan Purnama Rusa Super. Fenomena antariksa langka itu diawali Purnama Stroberi Super (Full Strawberry Supermoon). Kemudian disusul Bulan Baru Stroberi Mikro (New Strawberry Supermoon), lalu Purnama Rusa Super (Full Buck Supermoon).

”Purnama Stroberi Super (Full Strawberry Supermoon) merupakan purnama yang terjadi pada Juni. Sedangkan Purnama Rusa Super (Full Buck Superrmoon) adalah purnama yang terjadi pada Juli. Definisi ini juga dipakai untuk fase bulan baru,” ujar Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN Andi Pangerang.

Dia menjelaskan, penamaan itu berasal dari The Farmer’s Almanac (Almanak Petani Amerika). Pada Juni, di Amerika dilakukan panen stroberi. Sedangkan pada Juli rusa jantan muda mulai tumbuh tanduknya.

”Jadi penamaan ini sebenarnya berasal dari penanda musim dan perilaku hewan yang timbul pada musim-musim tertentu bagi penduduk asli Amerika,” terang Andi Pangerang.

Menurut Andi, penyebab sebenarnya purnama kali ini menjadi istimewa karena bertepatan dengan Bulan Purnama Super (Full Supermoon) atau yang secara teknis disebut Purnama Perige (Perigeal Full Moon). Sedangkan untuk Bulan Baru Stroberi bertepatan dengan Bulan Baru Mikro (New Micromoon) atau Bulan Baru Apoge (Apogeal New Moon).

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Hilmi Setiawan/JPK 



#JuniJuli #Muncul #Tiga #Fenomena #Antariksa #Langka #Sekaligus

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *