Jokowi Diminta Lakukan Lobi  Gencatan Senjata Ukraina-Rusia di G-20

  • Share
Kunjungan Jokowi ke Rusia-Ukraina Mendapat Simpati Dukungan Publik

Radartarakan.co.id – Pakar Hukum Internasional, Hikmahanto Juwana menilai, upaya individual tidak akan bisa mewujudkan gencatan senjata antara Rusia dan Ukraina. Butuh kerja kolektif dan sinergis untuk menyelesaikan konflik ini.

“Upaya kolektif dan sinergis harus dilakukan untuk mewujudkan gencatan senjata, baik antara negara-negara yang terlibat perang secara langsung, maupun negara-negara yang mendukung salah satu pihak,” kata Hikmahanto kepada wartawan, Sabtu (23/7).

Dia menuturkan, upaya kolektif ini juga harus melibatkan negara-negara yang tidak bersikap netral. Sehingga tidak akan memihak ke salah satu negara.

Selain itu, Hikmahanto juga mengingatkan bahwa kontak-kontak informal perlu dilakukan di antara para pemimpin negara-negara di dunia. Dia melihat, Presiden Jokowi sudah melakukan cara ini, dengan para pemimpin G-7, Rusia dan Ukraina.

“Dan kedepannya, diharapkan Presiden juga akan melakukan langkah serupa dengan pemimpin negara-negara Asia seperti China dan Jepang. Hal ini sangat bagus sekali, dan Presiden juga bisa menyampaikan proposal Indonesia di Forum G-20, dalam kontak-kontak informal itu agar perekonomian dunia bisa kembali maju lagi,” jelasnya.

Hikmahanto berharap gencatan senjata bisa terwujud sebelum pelaksanaan KTT G-20. Namun, apabila hal itu tak berhasil, skenario buruknya adalah pada saat kegiatan tersebut bisa disepakati adanya gencatan senjata tersebut.

“Karena negara-negara yang terlibat atau terkait perang Rusia-Ukraina semua hadir di forum itu. Maka, Indonesia bisa memanfaatkan momentum itu untuk mengupayakan gencatan senjata,” pungkasnya.

 

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Jokowi #Diminta #Lakukan #Lobi #Gencatan #Senjata #UkrainaRusia #G20

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *