Jika Tak Bisa Diselamatkan, Hewan Ternak Terpapar PMK Akan Dimusnahkan

  • Share
Jika Tak Bisa Diselamatkan, Hewan Ternak Terpapar PMK Akan Dimusnahkan

Radartarakan.co.id – Polri berupaya membantu pemerintah dalam pengendalian virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi. Polri membuka opsi pemusnahan hewan ternak yang tidak bisa diselamatkan setelah terpapar virus.

“Saya sampaikan bahwa hewan ternak yang terkena wabah atau virus yang sudah tidak bisa digunakan, maka tentunya untuk menghindari penyebaran akan dilakukan pemusnahan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Jumat (12/5).

Sedangkan hewan yang dianggap aman dikonsumsi akan langsung dipotong. Pemotongan akan melibatkan dinas, peternakan dan pihak-pihak terkait lainnya.

“Tugas polri di sini melakukan pengawasan kegiatan tersebut. Intinya Polri berperan untuk mengantisipasi penyebaran daripada wabah penyakit tersebut,” jelas Ramadhan.

Polri juga akan fokus melakukan pendataan kepada hewan ternak.bagi tang terindikasi terpapar virus bisa langsung diberi tindakan supaya tidak dibawa ke luar daerah. “Setelah kita mendata misalnya di satu titik, maka hewan-hewan yang ada di titik ini agar tidak bergeser, yang dikhawatirkan dapat menular ke hewan ternak lainnya,” pungkas Ramadhan.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memerintahkan kepada jajarannya untuk turut serta melakukan pemgawasan terkait penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak sapi. Koordinasi dengan Kementerian Pertanian (Kementan) juga terus dilakukan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Jika #Tak #Bisa #Diselamatkan #Hewan #Ternak #Terpapar #PMK #Akan #Dimusnahkan

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *