Jemaah Haji Gelombang Dua Tiba Lebih Cepat karena Layanan Fast Track

  • Share
Jawapos TV

Radartarakan.co.id – Kedatangan perdana calon jemaah haji (CJH) Indonesia gelombang kedua di Makkah pada Minggu (19/6) berjalan lancar. Bahkan, jemaah tiba lebih cepat dari jadwal yang direncanakan.

Sebanyak 393 orang CJH dari kloter 24 embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 24) mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, pada Minggu dini hari pukul 03.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Diperkirakan, mereka tiba di Al Lu’luah Hotel yang berada sektor 3 (Raudhah) pada pukul 07.00

Namun, karena proses kedatangan yang cepat di bandara Jeddah, jemaah sudah sampai di hotel pukul 05.30. Hal itu karena jemaah dri kloter JKG24 mendapat layanan jalur cepat atau fast track. Proses keimigrasian dilakukan di bandara keberangkatan, Soekarno-Hatta.

”Sehingga tadi kita melihat tidak ada lagi prosesi imigrasi di sini. Mereka langsung menuju bus masing-masing,” kata Konjen RI di Jeddah Eko Hartono setelah penyambutan jemaah di Bandara Jeddah.

Ke depan, lanjut Eko, layanan fast track akan diperluas. Tidak hanya di Bandara Soekarno-Hatta. ”Tapi juga di bandara lain. Di Solo, Juanda (Surabaya), Medan, dan di Makassar. Insya Allah,” sambung Eko.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arsad Hidayat menambahkan, terkait dengan layanan fast track, pemerintah Indonesia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Arab Saudi. ”Inovasi ini memberikan satu rasa, biasanya menunggu lama, proses itu bisa diringkas. Sehingga jemaah tiba di bandara Jeddah dari pesawat bisa masuk ke dalam bus, langsung ke Makkah,” katanya.

Apalagi, jemaah haji sudah mengenakan ihram. Menurut dia, sejak 2018, Saudi memberlakukan kebijakan untuk tidak ada yang menunggu di bandara kedatangan Jeddah. ”Sehingga kita juga membuat edaran kepada seluruh kanwil provinsi di Indonesia untuk jemaah haji, khususnya mereka yang berangkat gelombang dua, untuk menggunakan kain ihram di embarkasi masing-masing,” jelas Arsad.

Sementara itu, Fauzi, CJH asal Banten, mengucap syukur telah tiba di Jeddah dan langsung menuju Makkah. Dia puas dengan pelayanan yang diterima. “Dari bandara ke sini pelayanan bagus, petugas ramah-ramah semua. Termasuk sampai di Jeddah disambut orang Arab. Jemaah dikasih bunga,” katanya.



#Jemaah #Haji #Gelombang #Dua #Tiba #Lebih #Cepat #karena #Layanan #Fast #Track

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *