Jemaah Haji Diminta Hindari Beli Hewan Kurban Lewat Calo

  • Share
Jawapos TV

Radartarakan.co.id – Mendekati pelaksanaan wukuf di Arafah, Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan sejumlah himbauan kepada jemaah haji. Diantaranya adalah menghindari pembelian hewan kurban maupun hewan untuk bayar dam melalui calon.

Pesan tersebut disampaikan Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag Akhmad Fauzin di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Selasa (28/6). ’’Pemerintah menghimbau agar jemaah tidak melakukan transaksi dengan calo, penjaga atau pedagang (langsung),’’ tuturnya. Apalagi membeli kupon hewan kurban atau dam melalui website tidak resmi.

Fauzin mengatakan seluruh personil petugas haji, khususnya bidang bimbingan ibadah serta petugas kloter, segera melakukan koordinasi dan sosialisasi kepada jemaahnya. Supaya jemaah bisa tertib dan memenuhi aturan ketika membeli hewan untuk kurban maupun dam.

Dia kembali mengingatkan bahwa pemerintah Arab Saudi sudah mengeluarkan kebijakan, supaya jemaah membayar dam atau membeli hewan kurban secara resmi. Yaitu melalui bank atau lembaga yang sudah ditentukan Arab Saudi. Diantaranya adalah Bank Pembangunan Islam (Islamic Development Bank), Bank Al Rajhi, Pos Arab Saudi, atau website Adahi.org secara online.

Ketentuan tersebut tidak hanya berlaku untuk jemaah Indonesia saja. Tetapi dari penjuru dunia. Termasuk jemaah dari Malaysia, Filiphina, dan Thailand. Ada beberapa kelebihan ketika membayar dam atau membeli hewan ternak secara resmi melalui lembaga yang ditunjuk Saudi. Diantaranya adalah akuntabilitas dapat dipertanggung jawabkan. Kemudian ada lembaga yang menyeleksi kelayakan hewan kurban. Selain itu juga ada lembaga yang menjamin proses penyembelihan, pendistribusian, serta aspek-aspek lain tetap sesuai kaidah syariah.

Pada kesempatan itu Fauzin juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan pengiriman jemaah haji tinggal sektiar sepekan. Pemberangkatan jemaah haji dijadwalkan selesai pada 3 Juli mendatang. Sampai dengan 28 Juni siang, sudah ada 76.421 orang jemaah yang diberangkatkan ke Saudi. Lalu ada 79 orang jemaah dirawat di klinik kesehatan haji Indonesia (KKHI) dan 14 orang dirawat di RS Arab Saudi. Jumlah calon jemaah haji yang wafat ada 14 orang.

 

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Hilmi Setiawan



#Jemaah #Haji #Diminta #Hindari #Beli #Hewan #Kurban #Lewat #Calo

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *