Jelang Kurban, Bapanas Datangkan Sapi Bebas PMK dari Luar Jawa

  • Share
Jelang Kurban, Bapanas Datangkan Sapi Bebas PMK dari Luar Jawa

Radartarakan.co.id – Mendekati Idul Adha, stok hewan kurban di kota-kota besar terus ditingkatkan. Sebanyak 450 ekor sapi dari Sidrap tiba di Jakarta kemarin (19/6) sore. Sapi milik PT Berdikari United Livestock (BULS) Sidrap itu dipastikan aman atau terbebas dari virus penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menyambut langsung kedatangan ratusan ekor sapi tersebut. Dia menjelaskan, sapi itu didatangkan untuk pemenuhan Idul Adha di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya. “Pemerintah akan terus memasukkan sapi dari luar Pulau Jawa atau zona hijau (penyakit PMK) untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” tuturnya.

Sebelumnya sudah tiba dua gelombang sapi dari berbagai daerah di Indonesia. Pada gelombang pertama datang 260 ekor sapi. Kemudian, pada gelombang kedua tiba 2.300 ekor sapi. Untuk hari ini (20/6), dijadwalkan datang lagi 530 ekor sapi dari Bima.

“Jadi terus-menerus kita masukkan sapi. Karena saat ini beberapa lokasi ada yang belum terbebas PMK,” ungkapnya. Arief menegaskan, sapi-sapi yang masuk Jakarta tersebut sudah dipastikan sehat dan aman dikonsumsi.

Sementara itu, jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) terus meningkatkan proses vaksinasi PMK di sejumlah daerah. Rencananya, mulai pekan ini proses vaksinasi bisa dipantau secara online. Mentan Syahrul Yasin Limpo berharap program vaksinasi itu bisa menjadi upaya pengendalian virus PMK.

’’Selain dengan vaksinasi, pengendalian PMK dilakukan dengan berbagai upaya. Seperti pengetatan lalu lintas hewan,’’ sebutnya.

Pengetatan lalu lintas hewan ini khususnya dari daerah merah dan kuning. Dia menegaskan, khusus untuk daerah zona merah tingkat desa dan kecamatan, hewan ternak tidak boleh keluar dalam keadaan hidup. Tetapi, diperbolehkan dalam bentuk daging layak konsumsi.



#Jelang #Kurban #Bapanas #Datangkan #Sapi #Bebas #PMK #dari #Luar #Jawa

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.