Jamaah Haji Sudah Masuk Asrama, Keluarga Senang Penantian Terbayar

  • Share
Jamaah Haji Sudah Masuk Asrama, Keluarga Senang Penantian Terbayar

Radartarakan.co.id – Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, kembali bergeliat. Setelah 2 tahun tak melayani calon jamaah haji (CHJ), kini situasi kembali normal meskipun belum pulih seutuhnya.

Pada Jumat (3/6) sejak pagi hari, calon jamaah haji mulai berdatangan. Ada yang menggunakan kendaraan pribadi, diantar keluarga. Ada pula yang berangkat rombongan memakai bus.

Para calon jamaah datang memakai batik warna biru bercampur hijau. Untuk pria dilengkapi peci hitam, sedangkan perempuan memakai kerudung putih dengan motif batik yang sama dengan baju.

Setibanyak di area asrama haji, para calon jamaah diarahkan untuk memasuki auli yang terletak sekitar 10 meter dari gerbang masuk. Petugas dari Kementerian Kesehatan yang memakai kemeja coklat untuk pria, dan seragam putih untuk perempuan sudah siap menyambut.

Sebelum memasuki aula, calon jamaah haji melalui pemeriksaan kesehatan. Seperti suhu tubuh, lalu dicek profil aplikasi PeduliLindungi, dan diminta menunjukan surat hasil PCR negatif. Setelah itu mereka diminta duduk di kursi yang telah disediakan untuk mendapat pengarahan dari Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH).

Sementara itu, di depan aula petugas PPIH membawa koper-koper yang dibawa calon jamaah. Koper tersebut akan dikumpulkan sesuai rombongan.

Para jamaah rencananya akan berada di asrama sambil menunggu penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada besok pagi. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas akan melepas keberangkatan mereka malam nanti.

Abdul Ghofur, 46, salah satu keluarga calon jamaah yang beramgkat berharap, haji tahun ini bisa berjalan lancar. Momen ini sudah begitu ditunggu oleh masyarakat.

“Kam sempat ketunda lama, alhamdulillah sekarang bisa berangkat,” kata Ghofur.

Dia menuturkan, kakaknya seharusnya berangkat haji pada 2021. Namun, ditunda karena pandemi Covid-19. “Harapannya sekarang kakak bisa pulang lagi dengan selamat. Ibadahnya mabrur,” jelasnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Eko Irawan, 28. Ibu dan ayahnya sudah menunggu cukup lama pemberangkatan ibadah haji. Seharusnya mereka masuk pemberangkatan 2020.

“Senang sih tahun ini bisa berangkat. Karena ibu bapak umurnya sudah 50an, kalau kelamaan berangkat kasihan juga,” kata Eko.

Bagi Eko tak banyak keinginan terhadap kedua orang tuanya. Dia hanya ingin ibadah haji berjalan lancar, dan orang tuanya bisa kembali lagi.

“Mudah-mudahan sehat-sehat saja di sana. Sama nitip doa saja ke ibu,” pungkasnya.

Sebelumnya, kloter pertama jamaah haji embarkasi Jakarta hari ini, Jumat (3/6) mulai masuk Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Asrama sudah mulai dibuka sejak pukul 09.00 WIB.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag), Hilman Latif mengatakan, sebanyak 389 jamaah asal Jakarta ini harus melalui proses pemeriksaan kesehatan sebelum masuk. Hal itu guna memastikan jamaah dalam kondisi sehat dan terbebas dari Covid-19.

“Saya yakin jamaah yang masuk hari ini sehat-sehat dan terbebas dari Covid-19. Saya lebih baik keras di sini demi melindungi semua jamaah haji,” kata Hilman di lokasi.

Dengan slogan ‘Mabrur, Sehat, Barokah’, Hilman mengajak para jamaah untuk beribadah dengan senang dan riang, dan bisa kembali ke tanah air dalam keadaan sehat.

Jamaah kloter pertama akan diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu, 4 Juni 2022, pukul 06.45. Mereka diperkirakan tiba di Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madinah pada 12.10 waktu Arab Saudi.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Jamaah #Haji #Sudah #Masuk #Asrama #Keluarga #Senang #Penantian #Terbayar

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *