Jalani Ibadah di Tanah Suci, Jamaah Haji Diminta Waspadai Heat Stroke

  • Share
Musim Haji Tahun Ini Dibayangi Cuaca Panas, Ini 5 Cara Cegah Dehidrasi

Radartarakan.co.id – Dokter spesialis saraf dr Untung Gunarto Sp.S. MM mengingatkan calon haji untuk mewaspadai heat stroke yang ditandai dengan peningkatan suhu tubuh, terutama pada saat melakukan kegiatan di luar ruang dengan kondisi cuaca panas yang ekstrem.

“Kami perlu mengingatkan para calon haji untuk mewaspadai heat stroke, yaitu suatu kondisi kegawatdaruratan yang ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh mencapai lebih dari 40 derajat Celcius dan adanya gangguan pada sistem saraf,” katanya ketika dihubungi dari Jakarta, Selasa.

Hal tersebut disampaikan mengingat kondisi cuaca di Tanah Suci beberapa hari terakhir ini berkisar antara 30-43 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban rata-rata sekitar delapan persen.

Pelaksana Tugas Direktur RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto tersebut menjelaskan dalam kondisi cuaca yang ekstrem dikhawatirkan terjadi peningkatan produksi panas serta terjadi kegagalan proses dalam tubuh untuk mengendalikan panas tersebut.

“Heat stroke ini lebih banyak disebabkan adanya peningkatan produksi panas akibat aktivitas fisik yang berlebihan dan penurunan kemampuan untuk beradaptasi dengan iklim, terutama pada lansia yang biasanya mengalami penurunan kemampuan dalam respons adaptasi terhadap kondisi lingkungan,” katanya.

Dokter Untung menambahkan heat stroke juga berkaitan dengan kebutuhan air dalam tubuh dan respons fisiologis yang sesuai terhadap cuaca panas.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Antara



#Jalani #Ibadah #Tanah #Suci #Jamaah #Haji #Diminta #Waspadai #Heat #Stroke

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.