Jaga Norma Budaya, Kemenparekraf Siapkan Kode Etik Bagi Wisatawan

  • Share
Lebaran Hari Kedua di Amerika, Sandiaga Jadi Pembicara di Markas PBB

Radartarakan.co.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) melakukan penguatan informasi tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan (do and don’t) wisatawan saat berkunjung ke destinasi, maupun sentra ekonomi kreatif Tanah Air.

Keputusan ini diambil terkait adanya beberapa hal yang tidak sesuai norma yang dilakukan wisatawan mancanegara (wisman). Salah satunya terjadi di Bali, yakni kasus foto telanjang di pohon sakral kawasan suci Pura Babakan, Desa Adat Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan pekan lalu.

“Informasi ini harus bisa kita sampaikan di tengah upaya kita memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Bahwa di tengah upaya itu tentu ada kearifan juga penghormatan kepada adat istiadat daerah setempat. Ini harus bisa terus disampaikan dan disosialisasikan,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangannya, Selasa (10/5).

Beberapa langkah yang akan dilakukan di antaranya diseminasi informasi melalui berbagai saluran media yang dimiliki Kemenparekraf/Baparekraf. Termasuk dengan memaksimalkan algoritma di sosial media agar informasi yang disampaikan tepat sasaran.

Serta juga dengan mengajak seluruh pihak terkait turut menyebarkan informasi, termasuk pengelola destinasi juga para pemandu wisata (guide).

“Harapannya kita terus bisa menyosialisasikan kepada wisatawan bahwa ada norma-norma yang harus dijaga, dan ini yang harus kita lakukan edukasi karena mungkin di negara asal mereka tidak berlaku norma-norma seperti itu,” ujar Sandiaga.



#Jaga #Norma #Budaya #Kemenparekraf #Siapkan #Kode #Etik #Bagi #Wisatawan

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.