Indeks

Investasi Industri Pengolahan Semester I 2022 Capai Rp 230,8 Triliun

  • Share
Jawapos TV

Radartarakan.co.id – Industri pengolahan semakin bergeliat menggelontorkan dana. Para prinsipal meningkatkan kapasitas dan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dalam upaya memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor.

Terbukti, realisasi penanaman modal sektor industri mencapai Rp 230,8 triliun atau berkontribusi 39,5 persen dari total nilai investasi yang mencapai Rp 584,6 triliun pada semester I 2022.

“Nilai investasi di sektor manufaktur naik dari Rp 167,1 triliun pada semester I 2021 menjadi Rp 230,8 triliun di semester I 2022. Kenaikannya double-digit, 38 persen,” ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita pada Sabtu (23/7).

Agus menjelaskan, selama ini peningkatan investasi di sektor industri selalu memberikan multiplier effect yang luas bagi perekonomian nasional. Tidak hanya menambah devisa dan penyerapan tenaga kerja, tetapi juga memperkuat struktur manufaktur dalam negeri.

RI pun bisa lebih berdaya saing hingga ke kancah global. “Indonesia masih menjadi negara tujuan investasi karena didukung dengan potensi pasar yang besar,” katanya.

Menurut Menperin, investor saat ini lebih banyak mengincar sektor produktif seperti manufaktur lainnya. Karena itu, selain mendorong sektor industri padat modal untuk transfer teknologi, Kemenperin memacu kelompok padat karya sebagai upaya meningkatkan serapan tenaga kerja.



#Investasi #Industri #Pengolahan #Semester #Capai #Triliun

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version