Integrasi NIK dan NPWP Masih dalam Tahap Persiapan Regulasi

  • Share
Mudahkan WP Urus Perpajakan, Data NIK jadi NPWP Diintegrasikan

Radartarakan.co.id – Pemerintah berencana untuk mengintegrasikan data kependudukan dan basis data perpajakan. Hal ini dilakukan guna memberi kemudahan wajib pajak (WP) dalam mengakses dan menerima layanan perpajakan serta mendukung kebijakan Satu Data Indonesia.

Hal ini tercantum dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP). Salah satu poinnya adalah Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) akan diintegrasikan dalam Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Terkait kapan kebijakan ini mulai berlaku, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Neilmaldrin Noor mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih baru mempersiapkan instrumen pendukung lainnya.

Dengan kata lain, masih belum tentu integrasi ini akan dilakukan dalam waktu dekat. Sebab, saat ini regulasinya pun masih dalam penyusunan serta mempersiapkan infrastruktur yang dibutuhkan.

“Sejalan dengan implementasi Coretax system (Sistem Inti Administrasi Perpajakan), saat ini sedang tahap persiapan regulasi dan infrastruktur pendukung yang dibutuhkan,” ungkap dia kepada Radartarakan.co.id, Rabu (25/5).

Sementara itu, Wajib pajak pribadi WNA, badan, serta instansi pemerintah maka NPWP-nya akan berubah menjadi 16 digit dari yang semula 15 digit. Penerapan itu akan dilakukan Juli mendatang

“Adapun Soft launching penerapan NPWP 16 digit direncanakan akan dilakukan pada bulan Juli tahun ini,” tandas dia.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking



#Integrasi #NIK #dan #NPWP #Masih #dalam #Tahap #Persiapan #Regulasi

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.